TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Mengapa Kamu dan Pasangan Sulit Dekat Secara Emosional

Kamu dan pasangan yang jauh secara emosional

ilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Odonata Wellnesscent)

Kedekatan emosional yang baik dengan pasangan merupakan hal penting di dalam hubungan asmara. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi keharmonisan dan kelanggengan hubungan.

Namun bagaimana jika nyatanya dalam hubunganmu saat ini, kamu merasa sulit untuk bisa dekat dengan pasanganmu sendiri? Padahal hubungan yang terjalin sudah terbilang cukup lama. 

Maka hal tersebut tentunya akan berdampak gak baik jika terus berlanjut di dalam hubungan asmaramu. Seperti membuat hubungan menjadi mudah rapuh hingga kamu yang merasa jauh dari pasangan padahal kamu merupakan orang terdekatnya.

Untuk itu, kamu perlu mencari tahu penyebabnya agar bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Inilah lima penyebab mengapa kamu dan pasangan sulit dekat secara emosional. 

1. Kurangnya keterbukaan dan kejujuran dalam berkomunikasi

ilustrasi bicara dengan pasangan (pexels.com/Jack Sparrow)

Kurangnya keterbukaan dan kejujuran dalam berkomunikasi merupakan penyebab pertama mengapa kamu dan pasangan sulit dekat secara emosional. Bagaimana kamu dan pasangan bisa saling memahami satu sama lain jika di antara kalian saja masih saling tertutup?

Padahal berbicara mengenai perasaan, impian dan harapan kepada orang terdekat merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menghilangkan jarak yang ada. Apalagi perhatian dan dukungan yang diberikan pasangan saat kamu hendak melakukan sesuatu yang kamu inginkan akan membuatmu menjadi lebih semangat dalam meraihnya.

Sehingga rasa bahagia dalam menjalani hubungan akan terasa lebih dalam karena adanya dukungan orang tercinta. Maka cobalah untuk lebih jujur dan terbuka mengenai apa yang kamu pikirkan dan rasakan saat berkomunikasi dengan pasangan. Maka pasanganmu juga akan melakukan hal yang sama. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pasangan Sering Mengecewakanmu, Jangan Sedih!

2. Gak menjadi diri sendiri

ilustrasi menyenangkan pasangan dengan menjadi sosok idealnya (pexels.com/Satumbo 9)

Gak menjadi diri sendiri terkadang dilakukan seseorang di dalam hubungan asmaranya agar citra diri sempurna di mata pasangan akan terus bertahan lama. Hal tersebut terjadi karena dia takut akan kehilangan cinta dari pasangan jika tidak sesuai dengan tipe idealnya.

Padahal, pasangan yang baik dan tepat untuk dirinya adalah seseorang yang bisa menerima dirinya apa adanya. Terlepas sebanyak apapun kekurangan dan kelemahan yang dimilikinya, seharusnya hal tersebut bukanlah menjadi masalah yang berarti.

Nah jika saat ini kamu atau pasangan saling menutupi kepribadian diri masing-masing, maka itulah penyebab mengapa kamu dan pasangan sulit untuk bisa dekat secara emosional. 

3. Waktu bersama terbatas

ilustrasi bertemu pasangan (pexels.com/Mike Jones)

Sesibuk apapun kamu dan pasangan akan kegiatan yang sedang dilakukan, namun meluangkan waktu khusus untuk bertemu merupakan hal penting di dalam hubungan asmara. Seperti menjadwalkan kencan romantis, melakukan kegiatan yang disukai bersama atau berbagi cerita berdua. 

Semakin berkualitas quality time yang dilakukan, maka akan semakin mempererat ikatan perasaan di antara kalian. Karena waktu bersama yang terbatas hanya akan membuat kamu dan pasangan menjadi sulit dekat secara emosional.

Jangan selalu mengesampingkan hubungan asmara di atas segala kegiatan lainnya. Karena bisa-bisa kamu akan kehilangan cinta dari orang yang kamu sayangi dan ingin kamu miliki di dalam hidupmu sendiri. 

4. Gak mengekspresikan kasih sayang

ilustrasi pasangan gak mengekspresikan kasih sayang (pexels.com/cottonbro studio)

Gak mengekspresikan kasih sayang di dalam hubungan asmara akan membuat kamu dan pasangan menjadi sulit dekat secara emosional. Karena rasa kurang diperhatikan atau dipedulikan oleh orang yang disayangi akan datang menghampiri.

Termasuk bisa menimbulkan pikiran negatif, seperti berpikir rasa cinta pasangan yang tak lagi sama. Yaitu sudah berkurang atau bahkan menghilang.

Padahal mengekspresikan kasih sayang secara verbal dan tindakan akan membuat api asmara yang ada semakin besar dan abadi. Untuk itu, jangan pernah malu, ragu atau gengsi mengekspresikan apa yang kamu rasakan kepada pasanganmu sendiri. Terutama jika kamu gak ingin kehilangan cinta dan juga dirinya. 

Baca Juga: 5 Hal Positif Aktif Mendengarkan Pembicaraan Penuh Perhatian

Verified Writer

Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya