Comscore Tracker

Profil Dawam Rahardjo, Bupati Lampung Timur Eks Birokrat Senior

Putra asli daerah lahir dan besar di Lampung Timur

Lampung Timur, IDN Times - Dawam Rahardjo adalah Bupati Lampung Timur periode 2021-2026. Menjadi orang nomor satu di kabupaten setempat bak puncak karier hidupnya mengabdi kepada masyarakat.

Pasalnya, ia berlatar birokrat senior dan putra daerah Lampung Timur. Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber profil dari Dawam Rahardjo:

1. Lahir dan besar di Lampung Timur

Profil Dawam Rahardjo, Bupati Lampung Timur Eks Birokrat SeniorBupati Lampung Timur Dawam Rahardjo. (instagram.com/diskominfo_lampung_timur).

Dawam lahir 3 September 1968 di Bentengsari, Jabung, Lampung Timur. Menempuh sekolah dasar hingga lulus sekolah menengah di Bandar Lampung, ia hijrah ke Jakarta untuk kuliah hingga mengantongi ijazah magister di Universitas Indonesia.

Ia resmi menjadi seorang birokrat ketika menjadi Sekretaris Kecamatan Jabung di Lampung Timur 2001. Perlahan kariernya menanjak hingga beberapa kali terpilih menjadi Camat.

Puncak kariernya adalah ketika menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pringsewu pada 2014. Malang melintang di birokrat, akhirnya Dawam memutuskan untuk maju menjadi calon Bupati Lampung Timur.

Baca Juga: Profil Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Barat Mantan Aktivis Kampus

2. Aktif berbagai organisasi

Profil Dawam Rahardjo, Bupati Lampung Timur Eks Birokrat SeniorBupati Lampung Timur Dawam Rahardjo. (instagram.com/diskominfo_lampung_timur).

Kiprah Dawam selain di birokrat juga aktif di berbagai organisasi seperti menjabat sebagai Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Pesawaran (2013-2018), Ketua Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Pringsewu (2014-2019), serta menjadi Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Lampung Timur (2019-2024).

Ketika masih menjadi calon Bupati Lampung Timur, beliau mendapatkan gelar adat dari Keratuan Melinting, Lampung Timur. Gelar yang disandangnya adalah “Pangeran Banjar Negaro”.

Gelar tersebut disematkan kepada Dawam di acara Seangkonan Muakhi Keratuan Melinting di Desa Nibung, Gunung Pelindung, Lampung Timur.

3. Terpilih menjadi Bupati Lampung Timur periode 2021-2024

Profil Dawam Rahardjo, Bupati Lampung Timur Eks Birokrat SeniorBupati Lampung Timur Dawam Raharjo. (instagram.com/ diskominfo_lampung_timur).

Diusung oleh empat partai besar, Dawam Rahardjo bersama Azwar Hadi sebagai wakilnya, terpilih menjadi Bupati Lampung Timur periode 2021-2024. Mereka berdua resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati oleh Gubernur Lampung. 

Dalam program 100 hari kerjanya, ia merealisasikan program pemberian izin UMKM secara gratis. Harapannya program ini akan membangkitkan UMKM yang ada di Lampung Timur, karena berlaku untuk semua jenis UMKM. 

Dawam mengajak kepada semua pihak di pemerintah kabupaten  untuk menyatukan visi misi dalam bersama-sama membangun Lampung Timur.

4. Bakal maksimalkan potensi rest area di Way Kambas

Profil Dawam Rahardjo, Bupati Lampung Timur Eks Birokrat SeniorBupati Lampung Timur Dawam Raharjo. (instagram.com/ diskominfo_lampung_timur).

Dawam juga menyoroti rest area yang tidak terawat di Way Kambas. Ia menilai ini adalah potensi yang mubazir karena tidak pernah dimanfaatkan sejak selesai dibangun.

Untuk itu, ia berjanji akan membenahi dan menambah wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Dawam bahkan sudah mendapatkan gambaran tentang akan menghadirkan gajah-gajah jinak asal Pusat Latihan Gajah (PLG) untuk menghibur semua pengunjung. Hal ini pasti akan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar.

Dawam Rahardjo adalah sosok birokrat patut diteladani. Memulai kariernya dari bawah hingga ke puncak menjadi Kepala Badan Kepegawaian, menjadikannya seorang sangat memahami keadaan di lapangan. Bagaimana kesan yang kamu peroleh setelah membaca profil beliau? 

Baca Juga: Profil Wahdi Siradjuddin, Dokter Kandungan Kini Wali Kota Metro

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya