TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bekerja Lebih Produktif, Wajib Dicoba!

Bekerja dengan produktif bisa memberikan banyak manfaat

ilustrasi pegawai bekerja (pexels.com/@olly)

Setiap orang yang bekerja mungkin memiliki harapan untuk bisa lebih produktif lagi dalam melakukan setiap pekerjaan yang ada. Meski pada kenyataannya memang untuk menjadi produktif dalam bekerja ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan, sebab ada cara-cara tersendiri perlu diperhatikan dengan cermat.

Sebetulnya tidak sulit untuk menjaga produktivitas selama bekerja. Terpenting memang niat yang kamu miliki haruslah kuat. Oleh sebab itu, simaklah beberapa tips penting berikut ini agar momen bekerjamu bisa lebih produktif lagi.

1. Buat jadwal harian yang jelas

ilustrasi menulis jurnal (pexels.com/@lilartsy)

Tips pertama bisa kamu lakukan adalah membuat terlebih dahulu jadwal harian yang jelas. Sering kali jadwal harian yang dimiliki oleh kebanyakan orang tidak terlalu jelas, sehingga secara tidak langsung memengaruhi produktivitas yang dimiliki dalam bekerja.

Setidaknya jika kamu memang membuat jadwal harian yang jelas maka kamu akan tahu apa-apa saja yang nantinya akan dilakukan. Dengan begitu, maka produktivitasmu dalam bekerja juga akan turut meningkat secara signifikan.

Baca Juga: 5 Tips Antimengeluh saat Bekerja, Mudah Dilakukan!

2. Jauhkan diri dari sumber distraksi saat bekerja

ilustrasi pusing dalam bekerja (pexels.com/@energepic.com)

Tak dapat dimungkiri, memang proses bekerja tidak selalu berjalan dengan mudah. Hal ini karena ada banyak sekali sumber distraksi mungkin akan kamu terima pada saat bekerja di kantor, sehingga membuatmu sulit untuk fokus dengan apa yang dijalani saat ini.

Mungkin kamu bisa berusaha untuk menjauhkan diri dari sumber distraksi pada saat bekerja. Setidaknya dengan menjauhkan dari sumber distraksi tersebut maka kamu bisa lebih produktif lagi dalam menjaga konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

3. Selalu mengambil coffee break untuk mengembalikan fokus

ilustrasi mengonsumsi kopi (unsplash.com/@nate_dumlao)

Coffee break rasanya menjadi satu hal penting harus kamu miliki pada saat melakukan pekerjaan. Sebetulnya momen coffee break ini dimaksudkan agar bisa mengembalikan kembali fokus dan konsentrasimu pada saat bekerja, sehingga bisa mencegah potensi mengalami burnout.

Untuk coffee break tersebut sebetulnya kamu bisa melakukannya dengan menyeduh kopi, mengemil makanan, mengobrol dengan rekan kerja, dan lain sebagainya. Terpenting kamu bisa merelaksasi pikiran sejenak agar produktivitasmu untuk bekerja pun bisa kembali lagi.

4. Hindari bekerja secara multitasking

ilustrasi meja kerja (pexels.com/@shkrabaanthony)

Setiap orang mungkin memiliki gaya bekerja yang berbeda-beda dan hal ini disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Namun, perlu dipahami bahwa bekerja secara multitasking sebetulnya tidak disarankan sama sekali, apalagi jika kamu ingin bekerja secara lebih produktif.

Justru jika kamu memaksakan diri untuk bekerja secara multitasking maka hal ini berpotensi dapat memecah konsentrasi yang ada. Dampak buruknya justru akan membuat pekerjaanmu jadi tidak berjalan baik dan produktivitasmu pun menurun.

Baca Juga: 5 Tips Bekerja di Bawah Tekanan, Cari Solusi Terbaik!

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya