Comscore Tracker

Resep Umbu Khas Lampung, Makanan Tak Mudah Dilupakan Pecinta Kuliner

Bahan utamanya rotan, lho!

Bandar Lampung, IDN Times - Resep umbu khas Lampung adalah satu dari banyaknya resep masakan yang tidak akan mudah dilupakan masyarakat. Baik dari cita rasa, bahan baku, bahkan cara pembuatan.

Apa yang membuat makanan ini begitu istimewa? Berikut IDN Times rangkum ulasannya

Baca Juga: Resep Engkak Ketan Khas Lampung, Tekstur Kenyal dan Gugah Selera

1. Bahan utamanya rotan

Resep Umbu Khas Lampung, Makanan Tak Mudah Dilupakan Pecinta KulinerIDN Times/Febriyanti Revitasari

Apa rotan bisa dimakan? Pasti pertanyaan itu yang pertama mampir di benak Anda begitu mengetahui bahan makanan satu ini.

Resep umbu khas Lampung menjadi hal pertama yang membuat makanan unik ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan makanan lainnya. Bagaimana tidak? Karena bahan utama dari pembuatan makanan ini sendiri adalah rotan. 

Bahan utama pembuatan dari resep umbu khas Lampung adalah rotan yang masih muda dan dilunakkan dengan cara direbus dalam air mendidih dalam waktu yang cukup lama. Namun, rasanya tidak diragukan lagi keunikannya. 

2. Bahan pelengkap

Resep Umbu Khas Lampung, Makanan Tak Mudah Dilupakan Pecinta Kulinerilustrasi daging dada ayam (pixabay.com/jeshoots-com)

Bahan lain dari pembuatan umbu khas Lampung ini adalah daging ayam, bisa juga menggunakan jeroan ayamnya yang telah diiris kecil-kecil. Sebab umbu paling enak dimakan bersama sayuran dan sup, maka Anda memerlukan wortel, jagung muda, sawi putih, pakcoy dan daun bawang serta bumbu penyedap lain. 

Umbu dimasak dengan cara direbus, meski cara pembuatannya cenderung tampak mudah, namun prosesnya yang memakan waktu itulah yang menjadi tantangan tersendiri. 

Pilihan lain bumbu kuliner ini adalah dimodifikasi dan divariasikan lebih praktis ini di rumah. Kamu hanya memerlukan daging dan jeroan ayam, sayuran, tepung, bawang, telur, dan air serta minyak.

Dalam proses pembuatannya, umbu yang satu ini dibuat seperti bakwan dengan jeroannya yang dibuat dengan cara digoreng lalu disajikan dengan sup sayuran. Sangat mudah, bukan? 

3. Cita rasa membangkitkan nafsu makan

Resep Umbu Khas Lampung, Makanan Tak Mudah Dilupakan Pecinta KulinerFoto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Umbu adalah masakan khas Lampung dengan bahan dasar rotan muda yang dalam cita rasanya memang tidak manis. Alih-alih gurih dan segar seperti rasa masakan Lampung kebanyakan, umbu lebih pahit. 

Namun, tentunya cita rasa pahit ini membuat orang-orang yang memakannya konon merasakan nafsu makan mereka naik. Sehingga umbu banyak dijadikan sebagai menu makanan sejak lama. 

Teman makan yang pas dengan umbu adalah sayur sup dan nasi. Cita rasanya yang khas dicampur dengan nasi hangat akan menjadi kombinasi yang pas, terutama dengan sayur gurih yang sedap.  Makanan tersebut baik dikonsumsi saat musim hujan tiba karena dapat menghangatkan tubuh. 

Terdengar sangat seru kan ulasan di atas? Itulah dia beberapa hal seputar umbu yang membuatnya tampak lebih spesial. 

Baca Juga: Resep Pisro Khas Lampung, Menggugah Selera

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya