TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Pisang Goreng Cokelat, Camilan Manis dan Gurih Favorit!

Sangat cocok menjadi makanan pencuci mulut keluarga

Memasak: pixabay.com/089photoshootings

Pisang goreng cokelat salah satu camilan favorit banyak orang. Membuat camilan ini sejatinya sederhana bahkan dapat dilakukan di dapur rumah.

Terpenting adalah, pemilihan pisang yang sempurna hingga teknik memasak tepat, bakal menghasilkan pisang goreng cokelat lezat dan renyah. Hal penting lainnya adalah cara melelehkan cokelat dengan sempurna untuk memberikan sentuhan akhir yang istimewa pada camilan ini.

Penasaran ingin mencoba camilan ini? Berikut panduan resep dan cara memasaknya. 

Baca Juga: 6 Tips Membuat Kentang Goreng Renyah ala Restoran, Antigagal!

๐Ÿญ. ๐—•๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—ป

Pisang: pixabay.com/MabelAmber

๐—•๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ:

  1. 4-5 buah pisang, pilih yang matang
  2. 1/2 cup tepung terigu
  3. 2 sendok makan tepung maizena
  4. 2 sendok makan gula pasir
  5. 1/2 sendok teh baking powder
  6. Sejumput garam
  7. 1/2 cup air es
  8. Minyak untuk menggoreng
  9. 100 gram cokelat batangan (bisa dark chocolate atau milk chocolate), potong kecil

๐Ÿฎ. ๐—–๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐˜

Pisang goreng coklat: pixabay.com/manfredrichter
  1. Siapkan pisang: Kupas dan potong pisang menjadi potongan-potongan kecil sesuai selera. Pisang yang matang dengan sedikit bercak cokelat pada kulitnya biasanya memberikan rasa manis yang lebih intens.
  2. Siapkan adonan: Dalam sebuah mangkuk, campurkan tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, baking powder, dan sejumput garam. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan memiliki konsistensi yang halus dan tidak terlalu cair.
  3. Panaskan minyak: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup panas sebelum menggoreng pisang.
  4. Celup dan goreng: Celupkan potongan pisang ke dalam adonan hingga terbalut rata. Kemudian, goreng dalam minyak panas hingga pisang berubah menjadi coklat keemasan dan renyah. Pastikan untuk membalik pisang agar matang merata.
  5. Tiriskan dan dinginkan: Angkat pisang goreng cokelat dari minyak panas dan tiriskan di atas kertas tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak. Biarkan dingin sejenak.
  6. Tambahkan cokelat: Lelehkan cokelat batangan dengan metode double boiler atau dengan microwave. Tuangkan cokelat leleh di atas pisang goreng yang sudah dingin. Kamu juga bisa menambahkan taburan kacang mete cincang atau sprinkel gula bubuk jika diinginkan.

Baca Juga: 6 Aneka Resep Masakan Saus Mentega, Enak, Lezat dan Menggugah Selera!

Writer

rxzz onez

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya