TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Membuat Daging Rendang Empuk dan Cara Membuatnya

Wajib olah daging dengan tips ini ya sebelum direndang

Ilustrasi rendang sapi (asianfoodnetwork.com)

Bandar Lampung, IDN Times - Tak sedikit orang salah mengolah daging ketika membuat rendang. Alhasil daging menjadi keras atau alot meski masakannya sudah siap.

Ada beberapa faktor menyebabkan daging sapi atau kambing menjadi keras setelah dimasak. Di antaranya karena kualitas daging tidak baik misalnya dari sapi yang sudah tua dan sebagainya, daging tidak disimpan dengan baik, atau salah cara mengolahnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara-cara mengolah daging agar mudah empuk ketika dibuat menjadi rendang. Plus ada bonus resepnya lho!

1. Bungkus daging dengan daun pepaya

kitamudamedia

Cara mengempukan daging menggunakan daun pepaya merupakan salah satu cara tradisional diajarkan secara turun temurun di Indonesia. Tapi nyatanya, hal ini juga bisa dijelaskan secara ilmiah. Dalam beberapa penelitian, daun pepaya ternyata memiliki enzim papain pada getahnya sehingga dapat melunakan daging.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu tinggal ambil beberapa helai daun pepaya yang tidak terlalu tua, lalu remas-remas daunnya. Setelah itu bungkus potongan daging dengan daun pepaya maksimal 30 menit. Tidak boleh terlalu lama dari itu karena bisa membuat dagingmu pahit. 

Baca Juga: Kuliner Khas Jogja di Kota Metro, Ada Sate Klatak Pertama di Lampung

2. Gunakan bawang bombay

Cincangan bawang bombay. (businessinsider.com)

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata bawang bombay bisa membuat daging empuk. Sama seperti daun pepaya, pada bawang bombay juga terdapat enzim yang dapat membuka serat daging.

Kamu hanya perlu mencincang bawang bombay, lalu lumuri cincangan bawang bombay ke seluruh permukaan potongan daging. Setelah itu tutup dengan plastik wrap lalu simpan ke dalam lemari es minimal 1 jam.

3. Parutan buah nanas

Parutan nanas. (snapguide.com)

Nanas memiliki enzim bromelin sifatnya mirip dengan enzim papain, yaitu bekerja pada serat-serat daging. Cara mengempukkan daging menggunakan nanas juga sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu.

Hal pertama harus dilakukan adalah memarut buah nanas. Lalu lumuri atau rendam daging ke dalam parutan nanas selama kurang lebih 20 menit di suhu ruang. Setelah itu daging bisa dicuci dan diolah.

4. Teknik 5-30-7

ilustrasi merebus daging sapi (legit.ng)

Cara merebus daging dengan teknik 5-30-7 juga dikenal ampuh untuk mengempukkan daging. Pertama kamu harus mendidihkan air terlebih dahulu, kemudian masukan daging dan pastikan daging tersebut terendam semua.

Rebus daging dengan penutup panci selama 5 menit. Setelah itu langsung matikan kompor dan diamkan selama 30 menit tanpa membuka tutup panci. Lalu, kamu bisa merebus daging ini kembali selama 7 menit. Matikan kompor dan tunggu beberapa menit.

Baca Juga: 8 Resto di Pringsewu Cocok Buka Puasa Bareng Keluarga, Pesta Kuliner! 

Berita Terkini Lainnya