TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Tahu Fantasi Bihun, Pas buat Ide Camilan Gurih di Rumah

Camilan dengan rasa gurih yang nikmat banget

tahu fantasi bihun (YouTube.com/Ika Mardatillah)

Intinya Sih...

  • Bahan-bahan familiar seperti tahu putih, telur, dan bihun bisa dijadikan camilan lezat.
  • Resep tahu fantasi bihun menggunakan bahan utama seperti tahu putih, telur puyuh, wortel, dan bumbu halus.
  • Cara membuatnya meliputi langkah-langkah mencetak adonan, mengukus hingga matang, dan menggoreng hingga kuning kecokelatan.

Bahan-bahan seperti tahu putih, telur, dan bihun memang sangat familiar dalam dunia memasak. Sebab, beragam bahan tersebut biasa dijadikan komponen membuat menu masakan.

Selain sebagai kondimen memasak, aneka bahan makanan tersebut juga bisa diolah menjadi camilan yang lezat. Tahu fantasi bihun jadi salah satu camilan yang perlu kamu coba.

Memerlukan tahu putih, telur, bihun, sayur dan bumbu kamu sudah bisa menghadirkan camilan gurih di rumah. Cukup banyak bahan yang digunakan, namun cara membuat tahu fantasi bihun tidaklah sulit.

Untuk lebih detailnya kamu bisa simak cara buatnya seperti resep tahu fantasi bihun berikut ini.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Cokelat Panggang, Temani Nyemil Santai Sore Hari

Bahan tahu fantasi bihun

Bahan utama:

  1. 6 buah tahu putih
  2. 12 butir telur puyuh
  3. 1 buah wortel serut
  4. 1 batang daun bawang
  5. 1 batang daun seledri
  6. 2 butir telur ayam
  7. 1 keping bihun jagung

Bahan pencelup:

  1. 2 butir telur ayam
  2. sejumput garam

Bumbu halus:

  1. 4 siung bawang putih
  2. 2 siung bawang merah
  3. 1 sdt merica bubuk
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt kaldu jamur

Cara membuat

  1. Sebelum membuat adonan terlebih dulu rebus telur puyuh sampai matang. Setelah matang kemudian rendam telur puyuh di wadah berisi air dingin. Barulah, kupas kulit telur puyuh. Sisihkan.
  2. Kemudian ulek bawang merah dan bawang putih sampai halus. Sisihkan. Selanjutnya siapkan wortel lalu kupas bagian kulitnya. Dicuci bersih kemudian serut wortel menggunakan parutan. Sisihkan.
  3. Siapkan bihun jagung lalu rendam dengan air panas sampai teksturnya lunak. Setelah bihun lunak kemudian buang air rendaman lalu potong-potong bihun menggunakan gunting. Sisihkan.
  4. Taruh tahu putih di wadah berukuran besar kemudian lumat menggunakan sendok garpu sampai halus. Jika sudah dilumat lalu tambahkan bihun, wortel, daun bawang, seledri, bumbu halus, garam, merica bubuk, dan kaldu jamur.
  5. Aduk bahan adonan sampai tercampur merata. Kemudian tambahkan kocokan dua butir telur dan aduk adonan rata kembali.
  6. Siapkan cetakan kue talam lalu olesi dengan sedikit minyak. Barulah, masukkan satu setengah makan adonan ke dalam cetakan kue talam.
  7. Tekan-tekan adonan sampai padat lalu beri satu butir telur puyuh dan dipadatkan. Lakukan tahap mencetak adonan tahu fantasi sampai selesai.
  8. Jika sudah selesai dicetak kemudian kukus adonan tahu fantasi selama kurang lebih 15 menit hingga matang. Setelah matang biarkan adonan tahu fantasi dingin.
  9. Sesudah dingin lalu dicelupkan ke dalam mangkuk berisi dua butir telur yang sudah di kocok dengan sejumput garam. Celupkan adonan ke kocokan telur sampai rata.
  10. Barulah, goreng tahu fantasi sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Bila tahu fantasi sudah matang lalu angkat dan tiriskan.
  11. Tahu fantasi bihun siap disajikan.

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya