Comscore Tracker

Mengenal Minuman Khas Lampung Serbat Kweni dan Cara Buatnya

Jarang ditemukan di kafe atau rumah makan di Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Masyarakat Lampung memiliki tradisi makan bersama dengan menu sambal seruwit, gulai ikan taboh, pindang dan berbagai lalapan yang melengkapi hidangan tersebut.

Cita rasa yang ada pada makanan itu adalah gurih dan pedas. Sebagai penutup, masyarakat Lampung akan minum serbat kweni manfaatnya menetralkan rasa pedas dan rasa enek setelah memakan ikan santan serta sambal.

1. Apa itu serbat kweni?

Mengenal Minuman Khas Lampung Serbat Kweni dan Cara Buatnyapictame.com/user/genilenggo/292572178

Serbat kweni merupakan minuman menyegarkan khas Lampung berbahan dasar mangga bernama kweni. 

Rasa khas pada minum ini asam manis segar berasal dari buah kweni. Serta memiliki aroma sangat harum juga berasal dari buah tersebut. Apalagi kalau ditambahkan es batu rasanya akan semakin segar dan membuat dahaga hilang.

Pemilihan buah kweni ini bukan tanpa alasan, karena tekstur daging pada buah ini lebih tebal dan lembut dibanding mangga lainnya. Selain itu buah ini juga memiliki serat.

2. Tak banyak ditemukan di rumah makan atau kafe

Mengenal Minuman Khas Lampung Serbat Kweni dan Cara BuatnyaIlustrasi Restoran di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Sayangnya untuk mendapatkan minuman ini cukup sulit sekali di Lampung. Selain buah kweni yang memang musiman, tak banyak kafe yang menyediakan minuman serbat kweni.

Tapi kalau mau coba kamu, bisa datang ke cikwo kafe and resto. Karena cuma kafe itu yang menyediakan serbat kweni. Jangan lupa datangnya saat musim buah kweni ya, sekitar bulan April.

Baca Juga: Beragam Menu Takjil Menggoda di Bandar Lampung, Cocok Menu Buka Puasa

3. Mau bikin sendiri? Mudah lho

Mengenal Minuman Khas Lampung Serbat Kweni dan Cara Buatnyajessicainthekitchen.com

Karena jarang ditemukan di rumah makan atau kafe di Lampung, tak ada salahnya lho kamu mencoba membuat sendiri minuman ini. Tapi untuk menghasilkan minuman dengan rasa tidak mengecewakan, kamu harus memilih kualitas buah kweni yang matang dan bagus. Sebab, buah kweni yang tidak matang rasanya sedikit pahit.

Pertama perhatikan kondisi fisik buah tidak terlalu matang karena buah akan lembek dan sulit dipotong. Kemudian untuk mengukur tingkat kematangan, aroma buah kweni sangat harum serta warna kulitnya lebih hijau kekuning-kuningan.

4. Langsung aja praktik memuat serbat kweni

Mengenal Minuman Khas Lampung Serbat Kweni dan Cara Buatnyaid.wikihow.com

Setelah mendapat buah kweni yang matang dan bagus saatnya kamu menyiapkan bahan lainnya yang akan dipadukan dengan buah musiman itu.

Pertama, siapkan tiga buah mangga kweni lalu potong dadu. Empat sendok makan biji selasih yang sudah direndam dengan air panas, 250 ml air dan 250 ml air gula putih.

Kemudian, siapkan blender untuk menghaluskan sebagian buah kweni dan tambahkan air gula. Terakhir siapkan gelas, tuang buah kweni yang sudah dibelnder dengan air gula. Lalu masukkan es batu dan potongan buah kweni. Terakhir tambahkan biji selasih dan serbat kweni siap disajikan.

5. Ada versi lainnya

Mengenal Minuman Khas Lampung Serbat Kweni dan Cara Buatnyaprogram30.com

Kalau kamu tidak memiliki blender kamu bisa mencoba resep versi lain. Caranya, siapkan bahan buah kweni, air putih, gula aren dan jahe. Kemudian rebus gula aren dan jahe dengan air sampai mendidih. Jangan lupa kupas kweni dan potong dadu atau diserut.

Lalu campurkan air gula aren dan jahe bersamaan dengan buah kweni yang sudah dipotong dan tambahkan beberapa es batu. Selamat mencoba.

Baca Juga: Lima Menu Buka Puasa Kekinian di Bandar Lampung Wajib Kamu Coba 

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya