Comscore Tracker

Wisata Gunung Anak Krakatau: Rute Lokasi, Pesona Alam dan Fasilitas

Simak informasi penting berikut ini ya

Lampung Selatan, IDN Times - Kamu mungkin sudah familiar nih dengar istilah Krakatau atau dalam istilah bahasa inggrisnya disebut sebagai Krakatoa. Krakatau memang terkenal karena letusannya sangat fenomenal. Meskipun sudah dinyatakan tidak aktif lagi, kini kepopulerannya digantikan oleh Gunung Anak Krakatau (GAK).

Kalau kamu tertarik untuk mengunjunginya, simak informasi penting berikut ini terlebih dahulu ya

1. Lokasi dan rute

Wisata Gunung Anak Krakatau: Rute Lokasi, Pesona Alam dan FasilitasGoogle Map

Informasi paling penting wajib kamu ketahui adalah lokasi dan juga rute menuju lokasi wisata GAK . Nah, untuk lokasinya Pulau GAK berada di Selat Sunda dan masih masuk dalam administrasi Provinsi Lampung Selatan. Selain itu, pulau ini juga masih masuk dalam daerah konservatif yang perlu izin BKSDA untuk masuk ke pulau tersebut.

Apabila kamu tertarik untuk pergi ke pulau tersebut, perjalanan menuju lokasi tidaklah rumit. Jika berangkat dari Bandar Lampung, naik bus jurusan Kalianda untuk menuju ke Desa Canti, Kabupaten Lampung Selatan.

Opsi lainnya, memulai perjalanan dari Bakauheni, arahkan kendaraan ke Desa Canti. Kemudian, melanjutkan perjalanan menggunakan perahu bermotor yang ada di Dermaga Canti. Waktu yang diperlukan kurang lebih selama 2 jam 30 menit.

Rute yang paling banyak disukai oleh para pelancong dan backpacker adalah dengan pergi ke Pulau Sebesi terlebih dahulu. Dari sana bisa melihat penampakan keindahan Krakatau dengan lebih jelas dan dekat.

Saat berada di pelabuhan, naiklah angkutan umum piagam menuju ke Tanjung Bam. Dari sana, anda bisa langsung menuju ke tempat pemberhentian sementara yang ada di Sebesi. Selanjutnya, mulailah menyeberang kurang lebih selama 2 jam ke lokasi pulau GAK.

Baca Juga: Pulau Tegal Mas Lampung, Pemandangan Bawah Laut Kece Abis!

2. Rute dari Pulau Jawa

Wisata Gunung Anak Krakatau: Rute Lokasi, Pesona Alam dan FasilitasPantai Tanjung Lesung, Banten (IDN Times/Sunariyah)

Sebaliknya, apabila rute start dari Pulau Jawa, bisa berangkat dari ujung barat pulau jawa, yakni Provinsi Banten. Perjalanan dari Anyer, Pantai Carita dan Tanjung Lesung. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam.

Ada jalan pintas lainnya sampai dengan cepat dari Pelabuhan Tanjung Priok. Gunakan saja jetfoil atau perahu cepat dari Tanjung Priok. Selanjutnya, hanya perlu lurus menuju Krakatau.

3. Pesona alam

Wisata Gunung Anak Krakatau: Rute Lokasi, Pesona Alam dan FasilitasANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia

Hal menarik lainnya liburan ke GAK adalah pesona alamnya.  Pesona alam dari pulau ini tidak bisa diragukan lagi. Sebab, kamu tidak hanya dimanjakan dengan keindahan lautnya saja. Namun juga pulau yang bisa Anda lihat dari Gunung Anak Krakatau.

Selain itu, juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di bawah laut melalui snorkeling yang sangat terkenal, yakni Lagoon Cabe.

Nah, jika kamu ingin mengunjungi Lagoon Cabe, ada baiknya berangkat pagi hari. Sebab, jika snorkeling sore hari sangatlah berbahaya, karena arus airnya sangat kuat. Sebab itulah, kamu harus bangun pagi dan segera berangkat ke Lagoon Cabe untuk segera melihat keindahan biota bawah laut yang ada di pulau ini.

4. Fasilitas ditawarkan

Wisata Gunung Anak Krakatau: Rute Lokasi, Pesona Alam dan Fasilitastripadvisor

Informasi terakhir yang harus kamu ketahui adalah fasilitas yang ditawarkan. Meski di pulau GAK tidak terdapat fasilitas umum, bila ingin menginap perlu menyeberang ke Pulau Sebesi terlebih dahulu. Sebab, pulau inilah yang terdekat dari pulau GAK . Di Pulau Sebesi ini juga tersedia banyak rumah makan.

Nah itu dia beberapa informasi penting yang perlu kamu  ketahui sebelum melakukan perjalanan ke wisata GAK. Selain itu, pastikan budget  cukup besar. sebab biaya masuk dan mengurus izin masuk ke pulau ini akan dimintai donasi minimal Rp1 juta.

Baca Juga: 7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya