Korut Mundur Kualifikasi Piala AFC U23, AFC Drawing Ulang Grup G-K 

Timnas Indonesia batal bertemu China dan Brunei?

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengonfirmasi Korea Utara mundur dari Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Mundurnya Korea Utara membuat AFC akan melakukan drawing ulang untuk grup G hingga K pada Rabu (11/8/2021) mendatang.

Drawing ulang terpaksa dilakukan karena di grup K yang diisi Korea Utara hanya menyisakan dua negara yakni Jepang dan Kamboja. Sementara grup G hingga J diisi masing-masing empat negara.

Indonesia diketahui tergabung dalam grup G bersama Australia, China, dan Brunei Darussalam

Baca Juga: Liga 1 Tetap Bergulir 20 Agustus? Ini Jawaban Terbaru Dirut LIB

1. PSSI tak masalah drawing ulang

Korut Mundur Kualifikasi Piala AFC U23, AFC Drawing Ulang Grup G-K Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, AFC telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada PSSI terkait drawing ulang.

"PSSI tidak ada masalah meski harus dilakukan drawing ulang yang bisa saja melawan tim yang berbeda di grup G. Kami siap melawan siapapun dan PSSI bertekad menjadi tuan rumah yang baik pada ajang Kualifikasi AFC U-23 2022 ini," jelasnya dilansir dari pssi.org, Sabtu (31/7/2021).

2. Indonesia dan Australia tetap di grup G

Korut Mundur Kualifikasi Piala AFC U23, AFC Drawing Ulang Grup G-K Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (berdiri, ketiga dari kiri) sedang memberikan arahan di sela-sela sesi pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya GBK Jakarta pada Kamis (20/8/2020). (Dok. PSSI)

Pada drawing 9 Juli 2021 lalu, Indonesia menempati grup G bersama Australia, Tiongkok, dan Brunei Darussalam. Meski begitu untuk tim yang bertindak sebagai tuan rumah dan menempati pot 1 dari grup G hingga J Kualifikasi AFC U-23 2022 tidak akan diundi ulang.

Merujuk hal itu, Australia dan Indonesia masih tetap akan menempati grup G. Sedangkan China dan Brunei Darussalam bisa saja tidak akan menempati grup G lagi. Babak Kualifikasi Grup G akan berlangsung pada 27 hingga 31 Oktober mendatang di Indonesia.

"PSSI menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022. PSSI ingin pelatih Shin Tae-yong dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut," imbuh Yunus.

3. Dua wasit PSSI pimpin pertandingan AFC Cup 2021

Korut Mundur Kualifikasi Piala AFC U23, AFC Drawing Ulang Grup G-K Dua wasit PSSI yakni Thoriq Alkatiri dan Nurhadi Sulchan. (pssi.org)

Dua wasit PSSI yakni Thoriq Alkatiri dan Nurhadi Sulchan mendapat kepercayaan AFC untuk memimpin pertandingan play off dan penyisihan grup D, AFC Cup 2021 di Maladewa 14 hingga 25 Agustus.  Ini menjadi penugasan pertama mereka saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

"Bersyukur bahwa AFC memberikan kepercayaan kepada PSSI untuk mengirimkan wasit dan asiten wasit ke ajang bergengsi AFC Cup 2021. Ini juga membuktikan bahwa wasit-wasit Indonesia secara kualitas tidak kalah dengan wasit-wasit negara lainnya," kata Yunus.

Nurhadi Sulchan mengatakan bahwa dirinya bersyukur mendapat tugas pertandingan internasional. Ini menjadi pengalaman pertamanya dirinya bertugas di luar negeri sebagai asisten wasit saat pandemi Covid-19.

"Terima kasih kepada AFC dan PSSI atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Tentu sebelum berangkat saya mempersiapkan diri dengan baik kondisi fisik, stamina dan lain-lainnya. Hal ini agar saat bertugas disana dapat menjalankannya dengan baik, lancar dan sesuai law of the game," kata ujarnya.

Baca Juga: Jadwal Olimpiade Atlet Indonesia, Greysia/Apriyani Tembus Final?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya