Gagal Raih Perunggu Olimpiade Tokyo, Ahsan/Hendra Pensiun?

Ahsan belum pernah raih medali olimpiade

Gagal meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, pasangan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan belum memutuskan langkah selanjutnya apakah pensiun atau tetap berkarier di olahraga telah membesarkan nama keduanya.

Bahkan, terkait Olimpiade Paris 2024, Hendra dan Ahsan masih belum mau berandai-andai bisa tampil. “Kami masih akan tetap bermain. Selama masih bisa, kami akan terus bermain selama masih kuat,” kata Hendra dilansir dari nocindonesia.id, Minggu (1/8/2021).

“Ini sudah menjadi profesi kami. Selama masih diberi kekuatan, masih bisa bersaing, Insya Allah kami akan terus main. Suatu saat, kami pasti pensiun karena umur ada batasnya. Tapi kami akan coba sampai batas mana kami mampu,” timpal Ahsan.

Baca Juga: Jadwal Olimpiade Atlet Indonesia, Greysia/Apriyani Tembus Final?

1. Pasangan Malaysia bermain agresif

Gagal Raih Perunggu Olimpiade Tokyo, Ahsan/Hendra Pensiun?Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020 (dok. NOC Indonesia)

Hendra/Ahsan juga menceritakan terkait pertandingan perebutan medali perunggu melawan ganda putra Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Perebutan medali perunggu berlangsung di Musashino Forest Park, Sabtu (31/7), ganda putra Indonesia kalah straight set 21-1, 17-21, dan 14-21.

Hendra mengatakan pasangan Malaysia bermain agresif di game ketiga dan berhasil mengembangkan permainan mereka.

“Yang pasti di game ketiga mereka berani pegang depan. Kami kalah di situ. Mereka berani mengadu permainan dan bisa menyerang. Kita terus diserang dan tembus,” ujar Hendra usai pertandingan.

2. Diunggulkan peringkat kedua

Gagal Raih Perunggu Olimpiade Tokyo, Ahsan/Hendra Pensiun?Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Olimpiade Tokyo 2020 merupakan Olimpiade kedua bagi pasangan Hendra/Ahsan. Di Olimpiade Rio 2016, mereka terhenti di babak penyisihan grup.

Ajang Olimpiade Tokyo, The Daddies diunggulkan di peringkat kedua dan maju ke perempatfinal sebagai juara grup D. Di perempatfinal, mereka mengalahkan andalan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Saat babak semifinal, pasangan ini kalah dari pasangan China Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin yang akhirnya merebut medali emas ganda putra.

3. Ahsan belum pernah raih medali olimpiade

Gagal Raih Perunggu Olimpiade Tokyo, Ahsan/Hendra Pensiun?Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pencapaian Olimpiade Tokyo 2020 tercatat Ahsan belum bisa meraih medali Olimpiade dalam kariernya. Sementara Hendra pernah merebut medali emas Olimpiade 2008 Beijing bersama almarhum Markis Kido.

Meski belum bisa mendapatkan medali, Ahsan mengatakan dirinya bersyukur karena bisa melangkah sejauh ini dalam kariernya.

“Saya bersyukur bisa sejauh ini. Saya juga tidak menyangka. Ya, siapa yang tidak mau medali Olimpiade? Tapi mungkin sudah takdir kami tidak dapat medali. Yang patut disyukuri adalah kami sudah banyak diberi gelar-gelar yang lain,” kata Ahsan.

Baca Juga: Drama 3 Set, Anthony Ginting Melaju Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya