Asah Kemampuan Beladiri Milenial, Srikandi Ganjar Latihan Pencak Silat

Mendidik dan membina para pesilat

Lampung Utara, IDN Times - Sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar latihan gerakan silat bareng para milenial di Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Kegiatan menggadeng PSC Lampung Utara itu bertujuan untuk mengasah kemampuan bela diri para milenial agar bisa menjaga diri dari tindakan kriminal. Selain itu, latihan tersebut sebagai upaya melestarikan beladiri Indonesia yaitu silat.

Baca Juga: Srikandi Ganjar Lampung Bantu Korban Banjir di Kotabumi Selatan

1. Menjaga diri dari bahaya

Asah Kemampuan Beladiri Milenial, Srikandi Ganjar Latihan Pencak Silatpixabay.com/AgusTriyanto

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Lampung Diana Ali, menjelaskan tujuan pihaknya mengadakan latihan gerakan silat ini agar milenial di wilayah setempat bisa menjaga diri dari bahaya saat di jalan. Karena saya melihat kejahatan bisa terjadi di mana saja," kata dalam siaran persnya, Rabu (25/10/2023).

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan inisiatif dari sukarelawan Srikandi Ganjar karena peduli dengan masyarakat, khususnya perempuan yang harus diberikan bekal ilmu bela diri.

2. Mendidik dan membina para pesilat

Asah Kemampuan Beladiri Milenial, Srikandi Ganjar Latihan Pencak SilatIlustrasi pencak silat (pixabay.com/AgusTriyanto)

Diana menjelaskan, salah satu jenis pencak silat di Lampung Utara yang banyak diikuti oleh milenial adalah Perguruan Tapak Suci. Itu termasuk dalam 10 Perguruan Historis Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi.

Diana mengatakan latihan itu untuk mendidik dan membina para pesilat agar memiliki keterampilan pencak silat, memelihara kemurnian pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia. "Saat ini pentingnya kemampuan beladiri bagi seorang perempuan," ujarnya.

3. Diajarkan latihan dasar

Asah Kemampuan Beladiri Milenial, Srikandi Ganjar Latihan Pencak SilatHasil jepret camera phone

Dalam kegiatan tersebut, para peserta tampak semangat untuk mengikuti pelatihan tersebut. Seluruh peserta diajarkan latihan dasar terlebih dahulu sebelum berlanjut ke tahap selanjutnya.

Di sela kegiatan tersebut, mereka juga memperkenalkan sosok calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD kepada para peserta yang hadir.

Baca Juga: Srikandi Ganjar Latih Milenial Pesibar Beauty Knowledge-Makeup Class

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya