Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak Bola

Bisa tebak siapa saja selebnya?

Mengelola klub sepak bola bukanlah perkara mudah. Karena untuk mempunyai klub sepak bola harus mengeluarkan dana tidak kecil jumlahnya.

Oleh karena itu, banyak klub-klub besar di dunia didominasi pengusaha atau investor mampu mengeluarkan biaya fantastis demi menjalankan klub sepak bola secara profesional.

Namun, pada saat ini terdapat beberapa kepemilikan sepak bola dikelola oleh orang di luar bidang pengusaha. Bahkan, banyak selebritis terkenal mulai terjun ke dunia sepak bola menjadi pemegang saham terbesar pada klub tersebut.

Siapa saja ya? Berikut ini deretan selebritis beken memiliki klub sepak bola.

1. Michael B Jordan (Bournemouth)

Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak BolaMichael B Jordan (twitter.com/michaelb4jordan)

Aktor Hollywood yakni Michael B Jordan mengakuisisi klub Premier League Bournemouth. Aktor membintangi film Creed  ini merampungkan pembelian tersebut dengan nilai mencapai 120 juta pound atau setara Rp 2,3 triliun pada Desember 2022 bersama pengusaha asal Amerika, Bill Foley.

Jordan duduk sebagai manajemen klub Bournemouth mengurusi klub dalam bidang pemasaran global dan internasionalisasi klub. Bahkan, ia telah menghadiri pertandingan pertamanya sebagai pemilik baru saat Bournemouth menjamu Crystal palace meski berakhir kekalahan bagi Bournemouth.

2.  Will Ferrell (Los Angeles FC)

Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak BolaWill Ferrell (twitter.com/LAFC)

Aktor membintangi film Elf (2003) yakni Will Ferrel menjadi pemilik anyar Los Angeles FC pada tahun 2016. Will Ferrell tergabung ke dalam 25 investor Los Angeles FC lainnya salah satunya bersama dengan bintang NBA yaitu Magic Johnson.

Sejak kehadirannya, Los Angeles FC telah meraih beberapa gelar termasuk salah satunya adalah MLS Cup pada tahun 2022 setelah berhasil mengalahkan Philadelphia Union. Bekas pemain Real Madrid, Gareth Bale menjadi penyelamat Los Angeles FC setelah menyamakan kedudukan pada babak extra time  sebelum akhirnya Los Angeles FC berhasil memenangkan di babak adu penalti atas Philadelphia Union.

Baca Juga: Cuan! 5 Penjualan Pemain Termahal AC Milan Sepanjang Masa

3.  Elton John (Watford)

Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak BolaElton John (twitter.com/WatfordFC)

Diketahui Elton John merupakan penggemar fanatik Watford sejak kecil. Ketika dirinya mulai sukses menjadi penyanyi terkenal, Elton John mulai aktif dalam menjadi bagian klub dan terpilih menjadi wakil presiden.

Akhirnya, pada 1976, Elton John mulai membeli saham mayoritas klub kebanggaannya sekaligus menjadi presiden klub. Bahkan, Elton John sukses membawa Watford bermain di kompetisi tertinggi Inggris yakni Premier League pada awal tahun 1980-an.

Meskipun, pada 1990 dirinya sempat menjual Watford, namun, ia membeli kembali pada tahun 1997. Kemudian, pada 2002 Elton John mengundurkan diri sebagai presiden Watford dan dirinya dianugerahi sebagai presiden kehormatan klub atas jasanya kepada Watford. 

4. Ryan Reynolds dan Rob McElhenney (Wrexham AFC)

Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak BolaRyan Reynolds dan Rob McElhenney (twitter.com/Wrexham_AFC)

Pada November 2020, dua bintang film dan televisi terkenal yaitu Ryan Reynolds dan Rob McElhenney membeli klub asal Wales yaitu Wrexham AFC. Wrexham AFC diambil alih oleh kedua bintang Hollywood tersebut dengan biaya senilai 2 juta pound atau setara Rp39 miliar.

Setelah mengambil alih kepemilikan, mereka langsung bergegas mengangkat mantan kepala eksekutif Liga Inggris, Shaun Harvey. Selain itu, selebriti yang juga terlibat dalam aktivitas bisnis Wrexham AFC yaitu Humphrey Ker merupakan komedian terkenal asal Inggris akan bekerja sama dengan Shaun Harvey menjalankan operasional klub seperti pembaruan kontrak pemain, merekrut pemain baru, dan memantau talenta muda.

Alhasil, Wrexham berhasil promosi ke League Two (divisi keempat Liga Inggris) setelah lima belas tahun absen pada kompetisi tersebut.

5.  LeBron James (Liverpool)

Salah satu bintang olahraga tersohor, LeBron James, memiliki saham 2 persen yang bernilai 6 juta dolar atau Rp91 miliar pada tahun 2011. Pebasket yang berjuluk King James berinvestasi melalui Fenway Sports Group (FSG) yang merupakan pemilik Liverpool.

Hal tersebut menjadikan LeBron James sebagai salah satu pemilik sebagian Liverpool. Selain itu, hubungan LeBron James dan Liverpool semakin erat setelah berkolaborasi dalam bidang bisnis setelah meluncurkan clothing line menggabungkan fashion dan sport menjual produk jersey basket, jersey sepak bola dan Hoodie.

6.  David Beckham (Inter Miami)

Deretan Selebritis Beken Ternyata Memiliki Klub Sepak BolaDavid Beckham (instagram.com/davidbeckham)

Selain menjadi pemain sepak bola, David Beckham juga berprofesi sebagai model dan pernah tampil di sejumlah film ternama. Selama tahun-tahun terakhir kariernya sepak bolanya, Beckham bermain di Major League Soccer (MLS) dan bergabung dengan LA Galaxy pada tahun 2007. Salah satu isi klausul kontraknya adalah memberikan potongan harga dalam mengakuisisi klub MLS di masa depan.

Akhirnya, pada tahun 2014, Beckham menjadi presiden Inter Miami berdasarkan klausul kontrak telah disepakati. Bersama pengusaha asal Amerika, Jorge mas, Beckham terus berbenah untuk klub asal Florida tersebut.

Hingga akhirnya, Beckham berhasil meyakinkan sosok Lionel Messi untuk bergabung dengan Inter Miami. Hal tersebut menarik perhatian penggemar sepak bola yang dikejutkan dengan kabar tersebut. 

Langkah tersebut ternyata tak hanya di luar negri. Di Indonesia, sejumlah selebritis mulai mengikut langkah tersebut, salah satunya adalah Raffi Ahmad yang mengakuisisi Cilegon United dan berganti nama menjadi RANS Nusantara FC.

Baca Juga: Indosat dan PSSI Kolaborasi, Dukung Timnas Indonesia ke Pentas Dunia

Firmansyah 19cahyo Photo Community Writer Firmansyah 19cahyo

Siapaaaa kek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya