TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sengkarut PON 2024, KONI Lampung: Makanan Basi hingga Atlet Ngekos

Dialami hampir semua kontingen

GOR

Intinya Sih...

  • KONI Provinsi Lampung mengkritik kurangnya kesiapan fasilitas dan infrastruktur venue PON XXI di Aceh dan Sumut.
  • Pertandingan cabor terpaksa diundur karena belum siapnya venue, disertai sistem penilaian yang aneh.
  • KONI Lampung juga menyoroti kurangnya disiplin panitia dalam memenuhi kebutuhan konsumsi bagi atlet, serta penginapan yang tidak memadai.

Bandar Lampung, IDN Times - KONI Provinsi Lampung ikut angkat bicara ihwal penampakan fasilitas dan infrastruktur venue gelaran PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) beberapa hari terakhir ramai menuai sorotan di media sosial lantaran kurang memadai.

Ketua Harian KONI Lampung, Brigjend (Purn) TNI Amalsyah Tarmizi mengamini kondisi tersebut ikut dialami dan dirasakan langsung oleh para atlet, pelatih, hingga official tim cabang olahraga (Cabor) Lampung.

"Kita juga, bukan hanya dialami oleh Lampung tapi semua atlet kontingen," ujarnya dikonfirmasi, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Pencak Silat Lampung Sumbang Emas PON 2024, Samai Catatan di Papua!

1. Berdampak mundurnya beberapa jadwal pertandingan

Abdul Muis, atlet Muaythai Lampung meraih emas ke-9 dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. (Dok. Pemprov Lampung).

Bukan hanya soal kesiapan infrastruktur, Amalsyah melanjutkan, pihaknya turut menyayangkan kurangnya kesiapan panitia penyelenggaraan dalam menggelar hajatan olahraga terbesar empat tahunan di Tanah Air tersebut.

Walhasil, terdapat beberapa pertandingan cabor terpaksa harus diundur semisal Kurash. Itu lantaran belum siapnya venue pertandingan hingga harus mundur sehari dari jadwal semula.

"Dari sistem penilaian juga aneh, pertandingan pagi tapi baru besok harinya diumumkan, karena penilaian mereka, kan harusnya langsung ditampilkan. Itu seakan ingin diatur hasil penilaiannya," kata dia.

2. Konsumsi atlet sering telat, bahkan disajikan makanan basi

Tangkapan layar menu atlet PON Aceh-Sumut (tiktok.com/@bahaslatihan | tiktok.com/@hadi_hfc)

Amalsyah menyampaikan, kondisi serupa terutama menyangkut kesiapan venue hingga teknis pertandingan telihat jelas penyelenggaraan yang terkesan dipaksakan dan masih perlu banyak perbaikan dari segala sisi.

Selain venue dan infrastruktur, KONI Lampung juga menyayangkan sikap panitia penyelenggara tidak disiplin dalam memenuhi kebutuhan konsumsi bagi para atlet.

"Makan pagi harusnya jam 9 ternyata baru dikirim jam 2, waktu makanan sampai ternyata sudah basi. Inikan harusnya jadi tanggung jawab tuan rumah, kita juga kan sudah bayar konsumsi ini per harinya," keluhnya.

Berita Terkini Lainnya