Warga Berani Lawan Begal Dapat Reward? Ini Kata Kapolda Lampung

Kapolda: Begal sampai lubang semut pun pasti akan kami kejar

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol. Hendro Sugiatno menegaskan, masyarakat tidak perlu takut melawan begal. Kepolisian tak akan meroses warga membela diri dan mempertahankan harta benda, maupun nyawa tatkala situasi mengancam.

"Saya akan beri penghargaan warga yang dapat melumpuhkan begal," ujarnya menyusul pemberitaan viral korban begal dijadikan tersangka oleh salah satu Polda di Indonesia, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga: Kapolda Pantau Perusahaan Produksi Migor Curah, Berapa Stok Lampung?

1. Korban lumpuhkan begal akan diganjar penghargaan

Warga Berani Lawan Begal Dapat Reward? Ini Kata Kapolda LampungIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait polemik ihwal warga membela diri dari tindak kejahatan tersebut, Kapolda menegaskan, penindakan kejahatan jalanan terutama kasus begal telah menjadi perhatian khusus bagi dirinya sejak menginjakkan kaki di Lampung.

Maka dari itu dengan tegas, ia tetap pada pendiriannya untuk terus memerintahkan jajaran Kepolisian Daerah bisa menindak para pelaku tindak pidana C3 alias pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

"Kalau ada begal terbunuh oleh korban begal karena membela diri dan mempertahankan barangnya, kasusnya tidak akan diproses. Dan korban yang dapat melumpuhkan pelaku begal akan diberi penghargaan," katanya.

2. Kapolda Lampung pastikan tidak ada ruang bagi pelaku C3

Warga Berani Lawan Begal Dapat Reward? Ini Kata Kapolda LampungIlustrasi Curanmor (IDN Times/Sukma Shakti)

Hendro kembali menekankan jajarannya, untuk menindak tegas tiap pelaku tindak pidana C3 dan tidak memberi ruang bagi mereka melancarkan aksi kejahatan di wilayah hukum Polda Lampung.

"Tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan khususnya C3 di wilayah hukum Polda Lampung ini. Sampai lubang semut pun pasti akan kami kejar. Perbuatan mereka sungguh meresahkan masyarakat," imbuh dia.

Menurutnya, upaya perlawanan tersebut adalah langkah membela diri dan merupakan bagian perbantuan kepada anggota kepolisian. "Jangan takut melawan begal, masyarakat Lampung tidak pesimis," sambungnya.

3. Minta masyarakat kedepankan keselamatan

Warga Berani Lawan Begal Dapat Reward? Ini Kata Kapolda LampungIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski memberi imbauan, Hendro juga mengingatkan, agar masyarakat tetap mengedepankan keselamatan serta tidak membahayakan diri sendiri. Maka dari itu, ia pun meminta setiap masyarakat juga berperan aktif melaporkan segala bentuk potensi kejahatan di lingkungan masing-masing.

"Kedepankan keselamatan, untuk yang melihat kejahatan segera laporkan kepada pihak kepolisian," tandas jenderal bintang dua tersebut.

Baca Juga: Kapolda Lampung: Ungkap Kejahatan Penyelewengan BBM Subsidi!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya