Kapolda Lampung: Ungkap Kejahatan Penyelewengan BBM Subsidi!

Polda Lampung minta jajaran Polres bentuk tim khusus

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno memerintahkan kapada jajaran kapolres segera membentuk tim khusus untuk pengecekan secara rutin SPBU di wilayah hukum masing-masing.

Instruksi tersebut menyusul hasil kegiatan video conference (Vicon) pejabat utama Polda Lampung bersama pimpinan Kapolri, menteri BUMN, dan Dirut Pertamina dalam agenda antisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Segera bentuk tim dan lakukan pengecekan rutin di tiap SPBU. Jangan sampai ada antrean panjang hingga memakan badan jalan raya," ujar Hendro, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Kapolda Pantau Perusahaan Produksi Migor Curah, Berapa Stok Lampung?

1. Kapolda minta Polres ungkap satu kejahatan BBM minimal per minggu

Kapolda Lampung: Ungkap Kejahatan Penyelewengan BBM Subsidi!Ilustrasi harga minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai bentuk keseriusan terhadap instruksi tersebut, Hendro juga meminta masing-masing jajaran polres paling tidak minimal mengungkap satu pelanggaran penyelewengan BBM subsidi di tiap pekan.

"Lakukan penyelidikan dan penyidikan pelanggaran penyelewengan BBM subsidi," perintahnya kepada para kapolres di wilayah hukum Polda Lampung.

Jenderal bintang dua ini turut meminta kepada tiap personel Polri untuk lebih peka terhadap bentuk-bentuk pelanggaran bisa terjadi di lingkungan SPBU. "Saat terjadi antrean panjang disuatu SPBU segera perintahkan anggota untuk melakukan pengamanan dan penertiban dilokasi," sambung Hendro.

2. Upaya menjaga kondusifitas

Kapolda Lampung: Ungkap Kejahatan Penyelewengan BBM Subsidi!Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bersama pejabat utama lainnya. (IDN Times/Istimewa)

Hendro juga menyampaikan, pembentukan tim khusus tersebut diperuntukkan untuk menjaga situasi tetap kondusif dan sesuai jalur. Olah karenanya, ketersediaan BBM subsidi harus bisa mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Dengan langkah ini kami harapkan keberadaan minyak, solar, BBM yang secara riil, stok sebenernya tercukupi, ini betul-betul bisa kita jaga dan pertahankan," imbuh jenderal bintang dua tersebut.

3. Ungkap kasus penimbunan solar subsidi di Bandar Lampung

Kapolda Lampung: Ungkap Kejahatan Penyelewengan BBM Subsidi!Barang bukti kendaraan dengan tangki modifikasi. (IDN Times/Istimewa)

Terkait arahan Kapolda Lampung diketahui Satreskrim Polresta Bandar Lampung juga baru mengungkap komplotan pelaku aksi penimbunan ilegal Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi. Pengungkapan kasus tersebut berhasil mengamankan 3 tersangka.

Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Devi Sujana mengatakan, ketiga tersangka warga Bandar Lampung tertangkap masing-masing inisial P, S, dan SS. Mereka dibekuk saat tengah melancarkan aksinya di sebuah SPBU berada di wilayah Telukbetung Utara.

"Dari hasil tangkap tangan, mereka diduga telah menyalahgunakan BBM subsidi jenis solar 500 liter tersimpan dalam sebuah kendaraan," tandas dia.

Baca Juga: Polisi Tangkap Penimbun Solar Subsidi, Modus Tangki Modifikasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya