TikToker Awbimax Ngaku Keluarga Diancam, Wagub Lampung: Jangan Takut

Anggota DPRD pastikan keamanan keluarga Bima di Lamtim

Bandar Lampung, IDN Times - Pemilik akun TikTok Awbimax Reborn, Bima Yudho Saputro mengaku keluarganya di Kabupaten Lampung Timur diintimidasi dan diancam aparat. Momen itu dibagikan pengunggah konten viral berjudul 'Alasan Lampung Gak Maju-Maju' tersebut melalui insta story akun Instagram pribadi @awbimax.

Hasil penelusuran IDN Times, Bima membagi foto sang ibu dihampiri dan dimintai keterangan oleh aparat berseragam kepolisian berseragam preman dan petugas Bhabinkamtibmas di wilayah tempat tinggalnya.

"The police is coming to my mom's office?? Trying to extradite me? what?," unggahnya melalui insta story akun @awbimax.

Masih pada insta story akun instagram pribadi Bima, nampak dirinya tengah merekam video seraya menangis tersedu-sedu.

"Sebenarnya gua di sini baik-baik aja, tapi gua takut orang tua gua lho, apalagi bokap gua kan, pokoknya gua liat bokap gua kaya nangis gitukan, bokap gua diancem lho, nyokap gua kaya tenang-tenang aja karena dia bakul jagung doang. Cuma kayak, masa kayak gini banget sih," curhatnya.

"Gua cuma ngeritik doang, gua cuma kasih kritik, kalau misalnya gua gak ngomong Dajal gak bakal viral goblok, kalau baik-baik gak bakal viral kayak gitu, gak bakal ditonton belasan juta orang, gak bakalan trending nomor 1 di twitter," sambung pria berambut ikal tersebut. 

Baca Juga: Viral TikTok Kritisi Lampung, Wagub Nunik: Diksi Dajal Itu Sembarangan

1. Wagub Nunik jamin keamanan keluarga Bima

TikToker Awbimax Ngaku Keluarga Diancam, Wagub Lampung: Jangan TakutKonten kreator Bima Yudho Saputo menangia sebut keluarga diancam dan diintimidasi. (Instagram/@awbimax).

Menanggapi keluhan ancaman dan intimidasi dialami orang tua Bima tersebut, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim langsung menindaklanjuti dan menghubungi Anggota DPRD Provinsi Lampung Noverisman Subing, untuk memberikan jaminan keamanan kepada orang tua Bima.

"Lagi nelpon bang Nover, bang itu ada orangtuanya anak yang di Australia Si Bima, itu katanya dia bikin video orang tuanya terancam. Abang tolong datangi ke rumahnya bilang aman, kita backup, semua orang boleh kritik," ujar Nunik, sapaan akrabnya melalui unggahan video akun instagram pribadi @mbak_nunik.

Nunik pun meminta kepada salah satu kader Fraksi PKB tersebut untuk menelusuri dan menyambangi kediaman Bima Yudho Saputo di Lampung Timur. Sekaligus berkoordinasi dengan Bupati Lampung Timur Dawan Rahardjo.

"Sampaikan kepada orang tuanya, jangan takut dan khawatir. Kita siap backup jika merasa terancam, jangan khawatir koordinasikan dengan temen-temen di sana. Kalau bisa temui dan komunikasikan dengan pak bupati. Titip, dibantu biar merasa aman," tambah Nunik. 

2. Pastikan Pemprov Lampung terbuka terhadap kritikan

TikToker Awbimax Ngaku Keluarga Diancam, Wagub Lampung: Jangan TakutWagub Nunik telpon Anggota DPRD Provinsi Lampung Noverisman Subing. (Instagram/@mbak_nunik).

Nunik menegaskan, setiap masyarakat di Provinsi Lampung bebas mengkritik Pemprov Lampung, namun tentunya, dengan cara-cara dan diksi yang benar dan tepat.

"Jangan khawatir semua orang boleh kok kritik, kalau ada bahasa yang tidak pas, cukup kita benerin aja. Tapi semua orang bebas mengkritik karena kita berdemokrasi. Tolong dibantu ya bang, nanti saya kesana juga," kata Nunik.

3. DPRD dan bupati bakal kunjungi keluarga Bima

TikToker Awbimax Ngaku Keluarga Diancam, Wagub Lampung: Jangan TakutTangkap layar unggah video di akun TikTok @Awbimax Reborn. (IDN Times/Istimewa).

Anggota DPRD Provinsi Lampung, Noverisman Subing membenarkan telah menerima perintah dari Wagub Lampung untuk menemui keluarga Bima Yudho Saputo di Lampung Timur. Dikatakan, pemuda tersebut mengaku dan merasa terancam.

"Insyaallah kalau enggak malam ini, besok ditemui di Lampung Timur, karena keluarga merasa terancam," ucap dia kepada IDN Times.

Meski demikian, Noverisman belum dapat memastikan lebih spesifik ihwal ancaman tersebut dilayangkan oleh pihak-pihak tertentu. "Itu yang masih belum jelas. Makanya kalau bisa malam ini, ya malam ini. Kalau gak besok," lanjutnya.

4. Minta pihak keluarga tetap tenang dan tak khawatir

TikToker Awbimax Ngaku Keluarga Diancam, Wagub Lampung: Jangan TakutTangkap layar unggahan insta story akun @awbimax mengaku orang taunya diancam dan diintimidasi. (Instagram/@awbimax).

Sesuai arahan Wagub Lampung Nunik, Noverisman Subing nantinya bakal menyampaikan kepada pihak keluarga Bima di Lampung Timur, untuk tetap tenang dan tak perlu merasa khawatir. Ia pun akan menjamin pelindungan kepada keluarga tersebut.

"Kalau memang ada yang mengancam atau merasa terancam kita akan lindungi. Semua orang bisa menyampaikan kritik, akan tetapi bila ada bahasa yang salah akan kita luruskan," tandas dia.

Baca Juga: Polda Lampung Dalami Surat Aduan Konten TikTok Viral Awbimax Reborn

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya