Prabowo Subianto Elektabilitas Tertinggi di Lampung, Hasil Survei LSI

Posisi kedua Ganjar Pranowo, disusul Anies Baswedan

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi kandidat calon presiden (Capres) perolehan elektabilitas tertinggi di mata masyarakat Lampung. Hal itu merujuk rilis survei LSI terhadap peta elektoral terbaru pada Pemilu serentak 2024 Provinsi Lampung.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, hasil survei diambil mulai dari 16 sampai 22 Februari 2022 tersebut melibatkan populasi seluruh WNI di Lampung. Mereka mempunyai hak pilih dalam Pemilu dengan syarat berumur 17 tahun lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

"Survei ini melibatkan sampel 820 orang, diambil menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh kabupaten/kota di Lampung terdistribusi secara proporsional," ujarnya, Rabu (16/3/2022).

1. Perolehan elektabilitas Prabowo Subianto mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Prabowo Subianto Elektabilitas Tertinggi di Lampung, Hasil Survei LSIGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) (Dokumentasi IDN Times)

Djayadi melanjutkan, survei dilaksanakan dengan wawancara tatap muka oleh pewawancara telah dilatih terhadap responden terpilih. Kendali mutu hasil wawancara juga dilakukan random pada 20 persen dari total sampel oleh supervisor lapangan, dengan kembali mendatangi responden terpilih atau spot check sehingga tidak ditemukan kesalahan berarti.

Maka dari itu hasil survei LSI menyimpulkan, dari simulasi semi terbuka atau banyak nama dan boleh menyebutkan nama lainnya. Ketum Gerindra, Prabowo Subianto paling banyak dipilih, 26,1 persen. Ini rataan mengungguli nama-nama lain.

"Di tempat kedua adalah Ganjar Pranowo 23, persen, disusul Anies Baswedan 16,6 persen, AHY 4,6 persen, Sandiaga 4.1 persen, sementara nama lain lebih rendah, kurang dari 4 persen. Belum menjawab mencapai 6,8 persen," rinci Pengajar Ilmu Politik di Jurusan Hubungan International Universitas Paramadina Jakarta tersebut.

Baca Juga: Urus Izin Usaha UMKM di Bandar Lampung Sulit? Ini Faktanya

2. PDIP dan Partai Gerindra, dua partai pilihan terbanyak masyarakat Lampung

Prabowo Subianto Elektabilitas Tertinggi di Lampung, Hasil Survei LSIIDN Times/M.Arief

Menurut Djayadi, Prabowo Subianto dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa. Selain itu, kepopuleran Prabowo juga mencapai 96,9 persen, dengan tingkat kedisukaan yang sangat baik mencapai 79,2 persen. Ini sama dengan alasan mengapa memilih, kedisukaan pemilih kepada Prabowo adalah terkait alasan tegas dan berwibawa.

Tidak hanya pada bursa Pilpres 2024, LSI juga merilis Partai Politik (Parpol) menjadi pilihan masyarakat Lampung bila Pileg DPR RI dan DPRD Provinsi digelar saat ini. Pada simulasi semi terbuka 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lain, maka di Lampung, Partai Gerindra untuk sementara menduduki posisi kedua, setelah PDI Perjuangan.

“PDIP memperoleh 36,6 persen, disusul Gerindra 12,1 persen di urutan kedua. Selanjutnya Golkar 10 persen, Demokrat 7.5 persen, PKB 5,9 persen, PKS 5.1 persen, dan NasDem 4,4 persen, partai lain lebih rendah. Belum menjawab 13,1 persen," terang Djayadi.

Catatan ini bila dibanding hasil Pemilu Legislatif 2019, ia mengatakan, urutan partai pada nomor dua dan seterusnya mengalami perubahan. "Sebelumnya nomor dua adalah Partai Golkar," lanjut dia.

3. Kedisukaan tingkat keterpilihan partai banyak ditentukan keberadaan tokoh

Prabowo Subianto Elektabilitas Tertinggi di Lampung, Hasil Survei LSIMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) bersama Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kiri) tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sementara untuk Pileg DPRD Lampung, Djayadi menyebutkan, simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, Partai Gerindra tetap pada posisi kedua. Dalam simulasi ini, Gerindra memperoleh 11,3 persen, setelah PDIP memperoleh 35,8 persen.

Selanjutnya adalah Golkar 9,9 persen, Demokrat 8 persen, PKB 6.4 persen, NasDem 5.1 persen, dan PKS 4.4 persen. Partai lainnya, dibawah 4 persen lebih rendah. Sementara untuk sampling belum menyatakan pilihannya sebanyak 14,1 persen. Kata Djayadi, kedisukaan dan tingkat keterpilihan partai banyak ditentukan oleh tokoh yang ada di partai tersebut.

"Partai Gerindra, misalnya, tampaknya masih banyak dipengaruhi oleh ketokohan figur pendiri sekaligus ketua umumnya yakni, Prabowo Subianto. Termasuk pengaruh ketokohan di tingkat provinsi seperti Sekjen Ahmad Muzani, sebagai anggota DPR RI dari Dapil Lampung 1 dan ketokohan para anggota DPRD di Provinsi Lampung seperti Pattimura (Sekretaris Umum DPD Gerindra Lampung) dan Rahmat Mirzani Djausal (Ketua Fraksi Gerindra DPRD Lampung)," kata dia.

4. Partai Gerindra terdepan sebagai partai menggambarkan masa depan

Prabowo Subianto Elektabilitas Tertinggi di Lampung, Hasil Survei LSIKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Djayadi turut menyampaikan, temuan menarik lain dari survei yaitu, tentang persepsi terhadap partai dan tingkat kedisukaan partai di kalangan masyarakat Lampung. Tingkat kedisukaan PDIP bersaing ketat dengan tingkat kedisukaan pada Gerindra. Dalam skala atau skor kedisukaan 0 - 10, dimana makin mendekati angka 10 berarti makin tinggi kedisukaannya, skor Gerindra adalah 6,269 bersaing dengan PDIP dengan skor 6,420.

Catatan tersebut juga dapat disimpulkan PDIP dan Gerindra adalah dua partai paling disukai masyarakat di Lampung. Selain itu, LSI juga mengukur persepsi apakah partai menggambarkan masa lalu atau masa depan, maka skor partai-partai adalah 6,132 untuk Gerindra, diikuti Nasdem 5,991, PDIP 5,860, kemudian partai-partai lainnya.

"Ini menunjukkan, Gerindra dalam penilaian para pemilih adalah yang paling menggambarkan masa depan dibanding partai-partai lain. Persepsi dan kedisukaan ini juga memberikan pengaruh kepada peta elektoral partai-partai, baik di tingkat DPR RI maupun di tingkat DPRD Provinsi Lampung," tandas Djayadi.

Baca Juga: Sempat Pendarahan dan Meninggal di Kos, Polisi Tangkap Pacar Mahasiswi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya