Pemprov Lampung Ingatkan Semua Pihak Pupuk Subsidi Harus Tepat Sasaran

Para petani diminta ikut program Kartu Petani Berjaya

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta kepada semua pihak agar penyaluran pupuk bersubsidi harus tepat sasaran kepada petani. Itu agar program Gubernur Lampung berjalan lancar mewujudkan 'Lampung Berjaya'.

Kebijakan tersebut sebagaimana diatur oleh Surat Menteri Pertanian Nomor 200/SR.220/M/12/2021 tertanggal 17 Desember 2021, perihal Alokasi Pupuk Bersubsidi 2022 dan alokasi pupuk bersubsidi di Provinsi Lampung 2022, sesuai persetujuan Presiden dan Gubernur Lampung SK nomor : G/721/V.21/HK/2021, 24 Desember 2021, tentang Penetapan Alokasi Pupuk Bersubsidi di Sektor Pertanian Provinsi Lampung Tahun 2021.

"Jika dilihat distributor pupuk subsidi di Lampung saat ini sudah mencapai 30 persen penyalurannya. Bahkan distributor dan pengecer pupuk menjamin persediaan tepat sasaran  kepada petani terdaftar di program KPB," ujar Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi, saat memimpin Rapat Sosialisasi Program Kartu Petani Berjaya (KPB) Provinsi Lampung di Gedung Pusiban, Senin (03/1/2022).

Baca Juga: Peternak Beberkan Penyebab Tingginya Harga Telur Ayam di Lampung

1. Program KPB telah berjalan sejak 2020

Pemprov Lampung Ingatkan Semua Pihak Pupuk Subsidi Harus Tepat SasaranPemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta kepada semua pihak agar penyaluran pupuk bersubsidi harus tepat sasaran kepada petani. (IDN Times/Istimewa)

Kusnardi menambahkan, program KPB ini sudah berjalan sejak tahun 2020 sebagai program kerja Gubernur Lampung. Bahkan Gubernur Lampung juga sudah mengajak bank yang terkait dalam program KPB salah satunya bank BNI.

"Program KPB adalah suatu model sistem yang mengintegrasikan semua kepentingan pertanian dalam arti luas untuk tujuan kesejahteraan petani dan semua stakeholder secara bersama-sama," ucap Kusnardi.

2. Beragam manfaat program KPB bagi petani

Pemprov Lampung Ingatkan Semua Pihak Pupuk Subsidi Harus Tepat SasaranPetani Cabai. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Lebih lanjut Kusnardi menerangkan, melalui program KPB tersebut para petani juga bisa langsung merasakan sejumlah manfaat.

Seperti halnya mendapatkan kepastian dalam, kepastian ketersediaan sarana, produksi untuk masing-masing sektor, bidang pertanian dalam arti Luas, dan mendapatkan kepastian atas kualitas Sarana Produksi.

"Petani juga dijamin mendapatkan informasi terkait bantuan, subsidi atau program pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten kota," kata dia.

3. Petani bisa merasakan banyak dukungan dari pemerintah

Pemprov Lampung Ingatkan Semua Pihak Pupuk Subsidi Harus Tepat SasaranPemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta kepada semua pihak agar penyaluran pupuk bersubsidi harus tepat sasaran kepada petani. (IDN Times/Istimewa)

Selain manfaat tersebut, Kusnardi juga menerangkan, petani bisa mendapatkan kemudahan kemudahan permodalan, baik dari bank atau lembaga keuangan lainnya, mendapatkan kepastian pemasaran hasil panen dengan harga terbaik.

Selain itu petani ikut mendapat pembinaan dan pendampingan usaha, mendapat informasi dan laporan keuangan usaha, dan mendapat informasi terkini terkait dengan rekomendasi teknologi usaha tani.

"Manfaat dari sisi perbankan mereka akan mendapatkan dukungan peningkatan serapan dan efektifitas penyaluran kredit, peningkatan efisiensi biaya, hingga baik kredit maupun funding," imbuh dia.

Oleh karana itu, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini berharap tidak ada lagi permasalahan dalam menjalankan program KPB baik dari segi Perbankan dan Penyaluran pupuk subsidi. "Ini demi menuju Lampung Berjaya," tandasnya.

Baca Juga: Gubernur Arinal: Lampung 4 Besar Nasional Lumbung Ternak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya