Pemkab Tanggamus Jadwalkan Belajar Tatap Muka 9 September 2021

90 persen lembaga sekolah siap belajar tatap muka

Tanggamus, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menargetkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada Kamis, 9 September 2021. Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus, Hamid Heriyansyah Lubis mengatakan, belajar tatap muka menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan pemerintah pusat.

"Kita hanya sedikit terkendala jumlah vaksin sehingga tenaga pendidik maupun kependidikan belum seratus persen (divaksin)," ujar Hamid, Sabtu (4/9/2021).

1. Perkembangan COVID-19 jadi penentuan pelaksanaan PTM terbatas

Pemkab Tanggamus Jadwalkan Belajar Tatap Muka 9 September 2021IDN Times/Reja Gussafyn

Belum terlaksananya PTM terbatas di Tanggamus karena lonjakan kasus COVID-19 yang tergolong luar biasa tinggi. Bahkan Tanggamus sempat berada di zona merah dan masuk kategori PPKM Level 3.

“Tetapi Alhamdulillah atas kerja keras Bapak-Ibu Forkopimda beserta jajaran, dan yang pasti dukungan dari masyarakat, kita masih dalam Level 3 (PPKM) tetapi sudah turun zona kuning. Ini juga menjadi pertimbangan untuk segera PTM terbatas,” kata dia.

Baca Juga: Enam Sekolah Bandar Lampung Siap Uji Coba Belajar Tatap Muka

2. Sebanyak 90 persen lembaga pendidikan siap menggelar PTM terbatas

Pemkab Tanggamus Jadwalkan Belajar Tatap Muka 9 September 2021(smpdarulhikam.sch.id)

Sesuai arahan Bupati Dewi, jajaran OPD Pemkab Tanggamus telah menerima tugas untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan PPKM Level 3, serta persiapan belajar tatap muka di tiap kecamatan.

Caranya, mengambil sampel dan meninjau setiap sekolah-sekolah, mulai dari PAUD hingga bangku SLTP dan sederajat.

“Secara umum, 80-90 persen lembaga pendidikan kita sudah memenuhi syarat melaksanakan PTM terbatas,” pungkas Hamid.

Baca Juga: Strategi Kota Metro Atur Sekolah Tatap Muka, Kuota Siswa Dibatasi

3. Berharap seluruh elemen masyarakat mendukung PTM terbatas

Pemkab Tanggamus Jadwalkan Belajar Tatap Muka 9 September 2021Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau uji coba PTM di SMAN 2 Nganjuk. Instagram.com/khofifah.ip

Hamid menjelaskan, Pemkab sengaja mengajak seluruh jajaran Satgas COVID 19 dan semua pihak terlibat. Seperti halnya unsur ormas, LSM, dan segenap elemen masyarakat lainnya.

"Tentu kita berharap untuk mendapatkan dukungan, terkait pelaksanaan PTM terbatas di Kabupaten Tanggamus pada 9 September mendatang," imbuhnya.

Pemkab juga mendorong Dinas Pendidikan dan Budaya (Disdikbud) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi tenaga pendidikan. "Mudah-mudahan rencana kita bisa berjalan dengan baik," tandas Hamid.

Baca Juga: Vaksinasi Guru di Lampung 50 Persen, Belajar Tatap Muka Belum Digelar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya