PDIP Lampung Bakal Polisikan Aksi Perusakan Baliho Ganjar Pranowo

Perusakan mencoreng demokrasi

Bandar Lampung, IDN Times - DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung angkat bicara ihwal temuan sejumlah perusakan banner bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo tersebar di beberapa titik Kota Bandar Lampung.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Lampung, Umar Ahmad mengecam dan menyesalkan aksi sikap tidak kesatria para pihak sudah sengaja merusak baliho Ganjar Pranowo.

"Kami sangat menyesalkan adanya aksi-aksi tidak terpuji semacam ini. Tindak perusakan ini sudah mencoreng pelaksanaan demokrasi di Tanah Air," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: DPRD Minta Wali Kota Turunkan Ego, Naikkan Status Kebakaran TPA Bakung

1. Aksi perusakan akan dilaporkan ke pihak kepolisian

PDIP Lampung Bakal Polisikan Aksi Perusakan Baliho Ganjar PranowoMantan Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad didapuk sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Provinsi Lampung. (Dok. PDIP Lampung).

Umar mengatakan, pihaknya akan menelusuri dan mencari pihak-pihak sudah sengaja merusak baliho-baliho tersebut. Termasuk bakal melaporkannya ke aparat kepolisian dalam persangkaan perkara pengerusakan.

Menurutnya, tindakan tak terpuji ini diindikasi adanya kegelisahan sejumlah pihak bila Ganjar Pranowo memenangkan Pilpres 2024. Alhasil, menyebabkannya nekat merobek hingga mencoret banner-banner tersebut.

“Kita akan laporkan ke pihak berwajib. Kita juga bersyukur ini menjadi indikator pak Ganjar akan menang Pilpres 2024, karena elektabilitasnya yang terus naik meninggalkan capres-cawapres lain,” tegas dia.

2. Yakini Ganjar-Mahfud pasangan capres-cawapres paling unggul

PDIP Lampung Bakal Polisikan Aksi Perusakan Baliho Ganjar PranowoMenko Polhukam, Mahfud MD ketika diumumkan sebagai bacawapres Ganjar Pranowo di DPP PDI Perjuangan pada 18 Oktober 2023. (Dokumentasi tim media Polhukam)

Umar menambahkan, pemasangan baliho tersebut diperuntukkan untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan bacapres Ganjar Pranowo. Termasuk juga dengan baliho-baliho capres lain-lainnya juga terpasang di banyak tempat.

“Kita biasa saja dengan baliho-baliho capres lain, karena ini negara demokrasi dan kita yakin Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang paling unggul memenangkan Pilpres 2024," tandas mantan Bupati Tulang Bawang Barat ini.

3. Mayoritas perusakan banner terjadi disepanjang Jalan Bypass

PDIP Lampung Bakal Polisikan Aksi Perusakan Baliho Ganjar PranowoPenampakan banner Bacapres Ganjar Pranowo dirusak di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Pantauan IDN Times, kerusakan pada baliho itu terjadi pada banner Ganjar Pranowo mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam, lengkap dengan peci hitam seraya mengepalkan tangan, yang bertulis 'Ganjar Pranowo Presiden Pilihanku 2024' dilanjutkan 'Gerak Cepat Indonesia Maju'.

Mayoritas banner dirusak itu terjadi pada APS terpasang di sepanjang jalan Sorkarno-Hatta (Bypass). Kerusakan berupa pencoretan hingga penyobekan beragam, bahkan terdapat beberapa banner dirusak hampir 100 persen.

Baca Juga: Baliho Pajang Bacapres Ganjar Pranowo di Bandar Lampung Banyak Dirusak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya