Baliho Pajang Bacapres Ganjar Pranowo di Bandar Lampung Banyak Dirusak

Relawan Ganjar Pranowo sesalkan aksi perusakan

Bandar Lampung, IDN Times - Sejumlah alat peraga sosialisasi (APS) menampakkan sosok bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo di beberapa titik tersebar Kota Bandar Lampung dirusak hingga dirobek.

Pantauan IDN Times, kerusakan pada baliho itu terjadi pada banner Ganjar Pranowo mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam, lengkap dengan peci hitam seraya mengepalkan tangan, yang bertulis 'Ganjar Pranowo Presiden Pilihanku 2024' dilanjutkan 'Gerak Cepat Indonesia Maju'.

Mayoritas banner dirusak itu terjadi pada APS terpasang di sepanjang jalan Soekarno-Hatta (Bypass). Kerusakan berupa pencoretan hingga penyobekkan beragam, bahkan terdapat beberapa banner dirusak hampir 100 persen.

Baca Juga: Mahfud MD Cawapres Ganjar, PDIP Bandar Lampung: Ini Paket Lengkap

1. Relawan Ganjar prihatin dan menyesali peristiwa perusakan

Baliho Pajang Bacapres Ganjar Pranowo di Bandar Lampung Banyak DirusakPenampakan banner Bacapres Ganjar Pranowo dirusak di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Menanggapi kerusakan APS Ganjar Pranowo tersebut, Sekretaris Jenderal Relawan Ganjar Bersama Lampung (GABUNG), Juendi Leksa Utama mengungkapkan, keprihatinannya atas insiden tersebut.

"GABUNG, sebagai sebuah kelompok relawan tulus mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024, telah berkomitmen untuk turut serta memeriahkan proses demokrasi dengan cara yang damai, cerdas dan penuh simpati," ujarnya.

Oleh karenanya, ia amat menyesali peristiwa perusakan banner Ganjar telah terpasang sebagai bentuk dukungan relawan itu, akan menjadi catatan buruk demokrasi Indonesia, khususnya di Lampung.

"Pemasangan banner ini merupakan wujud aksi kampanye simpatik relawan. Ini seharusnya menjadi bagian dari kebebasan berekspresi yang dijamin dalam demokrasi," tambah dia.

2. Ajak semua pihak hormati setiap Capres dan Cawapres

Baliho Pajang Bacapres Ganjar Pranowo di Bandar Lampung Banyak DirusakBakal calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD saat acara pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (dok. PDIP)

Juendi menekankan, demokrasi sehat dan berkualitas haruslah dilaksanakan dengan damai dan tanpa perlu merendahkan atau merusak citra calon presiden tertentu. Pasalnya, semua calon presiden merupakan putra-putra pilihan dan terbaik bangsa.

"GABUNG mengajak semua pihak untuk memperlakukan setiap calon presiden dan calon wakil presiden dengan rasa hormat dan kebijaksanaan," imbuhnya.

3. Minta jalankan proses demokrasi baik dan bermartabat

Baliho Pajang Bacapres Ganjar Pranowo di Bandar Lampung Banyak DirusakSEKOLAH007

Juendi menambahkan, GABUNG bersama-sama masyarakat Lampung berharap, agar kejadian perusakan banner ini menjadi sebuah pelajaran berharga, dalam menjalani proses demokrasi lebih baik dan bermartabat di masa mendatang.

"Mari kita biarkan calon presiden bersaing secara sehat dalam pesta demokrasi, tanpa harus merusak atau menghilangkan hak berekspresi. Dalam suasana damai inilah, kita dapat memilih pemimpin terbaik akan membawa bangsa ini ke masa depan menjadi lebih baik," tandas dia.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Daftar ke KPU, PDIP Lampung Tancap Gas Sosialisasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya