Pasca Bentrok Pesibar, Begini Kondisi Terkini Lokasi dan Para Korban

Polda kerahkan tim khusus

Pesisir Barat, IDN Times - Bentrok antara warga dengan pihak perusahaan sawit PT Karya Canggih Mandiri Utama (KCMU) di Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat dikabarkan sudah mulai kondusif dan terkendali.

Kepala Desa Marang, Surdi mengatakan, aktivitas di perkebunan sawit dan masyarakat setempat sudah berjalan normal. Terlebih, aparat TNI-Polri sudah dikerahkan turun mengamankan dan berjaga di lokasi bentrok.

"Alhamdulillah sudah kondusif, tidak ada (aksi bentrok susulan dan kerusakan ke pemukiman warga). Kejadiannya kemarin cuma di kebun sawit itu," ujarnya saat dihubungi, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga: Miris! Ayah di Tulang Bawang Barat Perkosa Anak Kandung Berulang Kali

1. Total 5 korban, 2 dilarikan ke RS Bandar Lampung

Pasca Bentrok Pesibar, Begini Kondisi Terkini Lokasi dan Para KorbanIlustrasi korban luka bacok jalani perawatan medis di rumah sakit. (IDN Times/Mardya Shakti)

Akibat insiden tersebut, Surdi menyebutkan, korban teridentifikasi mengalami luka-luka bacok sebanyak 5 orang. Mereka dari unsur warga bertempat tinggal 4 orang asal Kecamatan Bengkunat dan 1 orang asal Kecamatan Ngambur.

Kelima warga tersebut sudah kini tengah menjalani perawatan medis oleh petugas puskesmas dan rumah sakit.

"Total korban 5 orang dari warga. Ada 2 yang luka parah dari Kecamatan Bengkunat, saat ini sudah dibawa ke RS Bandar Lampung. Akibat kena tebasan di leher," terangnya.

2. Perselisihan sudah lama, dipicu saling klaim lahan

Pasca Bentrok Pesibar, Begini Kondisi Terkini Lokasi dan Para KorbanTangkap layar potongan video bentrok warga dengan karyawan perusahaan sawit di Pesisir Barat. (IDN Times/Istimewa).).

Ihwal perselisihan antara kedua kelompok, Surdi menyebutkan, sejatinya keributan antara warga dengan perusahaan kebun sawit setempat sudah lama terjadi. Itu dipicu saling klaim kepemilikan lahan alias perkebunan sawit.

Kendati demikian, dikatakan insiden bentrok pada Selasa sore kemarin bisa dikatakan merupakan insiden paling parah hingga menimbulkan korban luka-luka.

"Sebetulnya keributan antara mereka memang sering terjadi, tapi gak sampai separah itu biasanya cuma adu mulut aja. Warga ini rata-rata bukan masyarakat saya, tapi memang lokasinya masuk di desa kami," imbuh Surdi.

3. Polisi pastikan situasi kondusif, merahkan tim khusus

Pasca Bentrok Pesibar, Begini Kondisi Terkini Lokasi dan Para KorbanIlustrasi tim khusus Polri. (dok. Humas Polri)

Menindaklanjuti insiden bentrok tersebut, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah mengatakan, kepolisian daerah telah mengerahkan tim khusus dari Ditreskrimum, untuk menjaga kondusifitas dan kenyamanan pascabentrok.

"Ya, kondisi di Pesisir Barat sudah membaik. Ditreskrimum Polda Lampung juga sudah menerjunkan tim ke sana, untuk membantu melakukan penyelidikan bersama (Polres Pesisir Barat)," katanya.

Menurut Umi, Polda Lampung bersama Polres Pesisir Barat turut memburu para pelaku melukai sejumlah warga. Serupa, pihaknya memastikan kondisi Kamtibmas di lokasi setempat sudah aman terkendali "Kondisi sudah aman, masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa," tandas kabid humas.

Baca Juga: Bentrok Warga Vs Karyawan Sawit Swasta di Pesibar, 4 Korban Dibacok

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya