Mudik Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Siapkan Dermaga Khusus Sepeda Motor

71 kapal akan layani penyeberangan Sumatera-Jawa

Lampung Selatan, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung berencana menyiapkan dermaga khusus untuk sepeda motor selama periode arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022/1443 H.

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Suharto mengatakan, langkah tersebut guna mengantisipasi peningkatan volume pemudik signifikan pada waktu dan tempat bersamaan.

"Ini untuk menghindari penumpukan volume penumpang, maka kami merencanakan akan menggunakan dermaga khusus mengakut sepeda motor. Jadi tidak tercampur dengan kendaraan lain," ujarnya saat dimintai keterangan, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga: Syarat Baru Penyeberangan Bakauheni, Belum Booster Wajib Antigen? 

1. Terdapat 71 armada kapal siap melayani penyeberangan Sumatera-Jawa dan sebaliknya

Mudik Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Siapkan Dermaga Khusus Sepeda MotorIlustrasi terminal pelabuhan Bakauheni Lampung (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Lebih lanjut Suharto menyampaikan, dermaga khusus jalur sepeda motor tersebut nanti diperkirakan akan memiliki kapasitas tampung kurang lebih sekitar 500-1.000 unit kendaraan.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung mudik lainnya mulai dari kesiapan armada kapal angkut hingga loket tiket bakal melayani pemudik hendak menyeberang dari Pulau Sumatera menuju Jawa atau sebaliknya.

"Armada kapal ada di perlintasan laut Merak-Bakauheni terdapat 71 unit kapal, untuk loket kendaraan roda dua ada 8 unit, eksisting 1 unit, dan roda empat ada 8 loket, eksisting 12 unit," terang Suharto.

2. Kesiapan fasilitas lahan parkir hingga minta masyarakat beli tiket via online

Mudik Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Siapkan Dermaga Khusus Sepeda MotorPenumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (3/4/2021). Sebanyak 1.144 penumpang yang berasal dari Jakarta, Batam dan Tanjungbalai tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. (ANTARA FOTO/Adiva Niki)

Bukan sekadar fasilitas tersebut, melainkan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni juga memastikan kesiapan fasilitas layanan parkir. Tujuannya, guna menampung kendaraan hendak mudik melalui pelabuhan setempat.

"Untuk saat ini, kapasitas parkir di Pelabuhan Bakauheni semua bisa mencapai 5.000 sampai 6.000 unit kendaraan campuran," kata Suharto.

Ia turut meminta para calon pemudik bisa memanfaatkan pemesanan tiket kapal via daring alias online melalui aplikasi maupun website www.ferizy.com. Keduanya diketahui telah melayani pemesanan tiket sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

"Layanan pemesanan tiket online ini dapat diakses kapanpun, untuk memanfaatkannya calon penumpang juga tidak harus punya smartphone dulu tapi juga bisa diakses melalui Indomaret, Alfamart, hingga kantor pos," sambung Suharto.

3. Ingatkan calon pemudik tetap patuhi aturan prokes COVID-19

Mudik Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Siapkan Dermaga Khusus Sepeda MotorIlustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Meski pemerintah telah memberikan sejumlah pelonggaran aktivitas, Suharto mengingatkan agar para pemudik tetap dapat patuhi segala hal menyangkut aturan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Hal itu sebagaimana diatur pada Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 38 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transfortasi Darat Pada Masa Pandemik Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), hingga SE Satgas Covid No. 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemik Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Kami ingatkan pemudik sudah harus memesan tiket online, secara mandiri, atau digerai-gerai resmi ASDP dan memasukan data sesuai identitas diri dengan baik dan benar sebelum memanfaatkan fasilitas penyeberangan pelabuhan," tandas Suharto.

Baca Juga: Penumpang KA Rajabasa dan Kualastabas Usia 6-17 Tahun tak Perlu Antigen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya