Menhub Budi Karya Minta Pemudik Lakukan Arus Balik Setelah 8 Mei

Pelabuhan Panjang sudah layani penyeberangan 4.787 pemudik

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi meminta para pemudik, khususnya asal Pulau Sumatera hendak menyeberang menuju Pulau Jawa melakukan aktivitas arus balik Lebaran selepas 8 Mei 2022.

Menurutnya, langkah itu agar bisa mendapatkan perjalanan lebih nyaman dan menghindari kepadatan kendaraan. Itu merujuk perkiraan puncak arus balik angkutan penyeberangan diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu atau 7-8 Mei 2022.

"Sampai hari Sabtu ini, baru sekitar 37 persen (kendaraan) bergerak. Artinya, ada kecenderungan sisa 63 persen akan menyeberang satu-dua hari ini. Saya mengimbau, jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda Senin atau Selasa (9/10 Mei 2022),” ujarnya saat meninjau langsung Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran 

1. Pelabuhan Panjang diproyeksikan pelabuhan alternatif mudik tiap tahun

Menhub Budi Karya Minta Pemudik Lakukan Arus Balik Setelah 8 MeiMenhub RI, Budi Karya meninjau arus balik Lebaran di Pelabuhan Panjang. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai langkah memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Budi Karya melanjutkan, telah disiapkan sarana penyeberangan alternatif lain dari Pulau Sumatra. Caranya, memanfaatkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

“Ini kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten,” imbunya.

Dalam peninjauannya terhadap penggunaan jasa penyeberangan di Pelabuhan Panjang menaiki Kapal Ciremai, ia menyebut, mayoritas pemudik merasa senang dengan adanya pelayanan kapal tambahan dari Lampung menuju Banten. “Inshaallah ini akan menjadi format tiap tahun yang akan kita laksanakan di masa mudik” sambung Budi Karya.

2. Sudah layani penyeberangan sebanyak 4.787 penumpang

Menhub Budi Karya Minta Pemudik Lakukan Arus Balik Setelah 8 MeiAktivitas mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berdasarkan catatan kumulatif penyeberangan melalui Pelabuhan Panjang - Pelabuhan Ciwandan mulai Rabu (4/5/2022) sampai Sabtu (7/5/2022) siang, total terdapat sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk/bus telah mengakses pelabuhan setempat.

Budi Karya juga menyampaikan, pemerintah juga telah mengambil langkah pengendalian lonjakan arus balik Lebaran. Misalnya, mengimbau masyarakat menghindari puncak arus balik di 6-8 Mei 2022, hingga membolehkan para pekerja untuk cuti setelah 8 Mei 2022.

"Kita ketahui Kemendikbud juga sudah membolehkan anak-anak sekolah secara daring dan kebijakan PTM baru dilaksanakan 12 Mei. Jadi bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring,” katanya.

3. Kapolda Lampung pastikan kelancaran dan keamanan di Pelabuhan Panjang

Menhub Budi Karya Minta Pemudik Lakukan Arus Balik Setelah 8 MeiKapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana juga mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk menjadikan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan alternatif atau tambahan untuk memecah kepadatan arus balik di Bakauheni. Selain itu, Pemkot turut menyatakan kesiapan dapat membantu menyediakan pelayanan lebih maksimal bagi para pemudik.

"Bunda mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan dan mentaati apa yang disampaikan pak Mentri, ini untuk keselamatan kita bersama," kata dia.

Sementara Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugianto menambahkan, pihaknya ikut mendukung keberadaan Pelabuhan Panjang dan siap memastikan keamanan pelabuhan, mengingat keberadaannya yang sangat membantu untuk menghindari penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

"Testimoni yang saya dapat, penumpang sangat senang adanya pelabuhan alternatif ini. Ke depan kita harus menyiapkan kembali, dengan penataan yang lebih bagus dari tahun ini. Bersyukur semuanya berjalan lancar," tandas dia.

Baca Juga: Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang Lebih Mahal? Ini Kata Kapolda

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya