Kapolda Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Prokes Bupati Ardito Wijaya

Perkara ditangani Subdit IV Tipidted Polda Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno berjanji menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya.

Hendro menyebut, laporan itu akan diproses sesuai prosedur dan tahapan di Kepolisian.

"Laporan sudah diterima. Kita akan pelajari duhulu, baru nantinya akan mengambil langkah-langkah apa yang harus kita lakukan," ujarnya, usai ekspose Penyerahan Barang Bukti Ranmor Hasil Ungkap Kasus C3, di Mapolda Lampung, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Mengais Asa Vaksinasi Massal di Lampung, Cukup Bawa KTP dan Gratis

1. Perkara ditangani Subdit IV Tipidter

Kapolda Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Prokes Bupati Ardito WijayaPolda Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Jenderal bintang dua itu mengatakan, kasus ini juga akan ditangani oleh Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Lampung, yang dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara, sehingga diharapkan bisa mengungkap terang dugaan pelanggaran prokes tersebut.

"Akan kita pelajari dan gelar (perkara) terlebih dahulu dan langkah-langkah strategi kedepan nanti bagaimana, kita tunggu saja," ungkap Hendro.

2. Sampaikan permintaan maaf

Kapolda Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Prokes Bupati Ardito WijayaWakil Bupati Lamteng, Ardito Wijaya (instagram/@ardito_wijaya)

Pasca viralnya video berjoget dan bernyanyi ria tanpa mengenakan masker serta mengabaikan jaga jarak di sebuah acara resepsi pernikahan di Desa Lempuyang Bandar, Kecamatan Way Penghubuan, Kabupaten Lampung Tengah itu, Ardito menyampaikan, permintaan maaf sebesar-besarnya melalui akun Instagram pribadi miliknya @ardito_wijaya.

Permohonan maaf itu, ditujukan Ardito kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan segenap keluarga. Khususnya seluruh masyarakat Pemkab Lampung Tengah.

"Maaf, atas video saya yang sedang viral saat ini di media sosial, tentang pada saat saya sedang menghadiri hajatan, yang pada video itu, saya seyogyanya tidak melakukan hal itu sebagai Wakil Bupati Lampung Tengah," kata dia.

3. Diharapkan menjadi pembelajaran dikemudian hari

Kapolda Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Prokes Bupati Ardito WijayaTangkap layar video viral Wabup Lampura, Ardito, diduga langgar prokes (IDN Times/Istimewa)

Salah satu pengurus DPW PKB Lampung itu mengatakan, sejatinya ia telah mengingatkan para tamu undangan yang merupakan keluarganya tersebut, untuk tetap mematuhi prokes selama acara resepsi berlangsung.

Terlepas dari peristiwa ini, Ardito pun berharap, agar bisa menjadi pembelajaran dikemudian hari, supaya lebih patuh terhadap permasalahan prokes di tengah pandemik COVID-19.

"Ini permohonan maaf dari hati saya, semoga menjadi pembelajaran kita semua, khususnya bagi saya agar bisa lebih baik lagi kedepannya," tandas dia.

Baca Juga: Viral Video Wabup Lamteng Ardito Wijaya Berbuntut Laporan ke Polda 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya