Viral Video Wabup Lamteng Ardito Wijaya Berbuntut Laporan ke Polda 

Berjoget di acara pesta picu kerumunan, Ardito minta maaf

Bandar Lampung, IDN Times - Video viral Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya berjoget ria di sebuah acara resepsi pernikahan berbuntut lapor ke Polda Lampung. Itu terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di tengah penanggulangan pandemik COVID-19.

Laporan itu sebagaimana tercantum dalam STTLP/B/950/VI/2021/SPKT/POLDA LAMPUNG tertanggal 27 Juni 2021, yang dilayangkan oleh pelapor Habibi, warga Kelurahan Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah.

"Alhamdulillah laporan kita diterima, ini kita masih akan BAP terlebih dahulu ke Ditreskrimsus. Laporan terkait pelanggaran protokol kesehatan (prokes) terlapor Pak Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito," ujar Habibi, dihadapan awak media, Minggu (27/6/2021).

1. Barang bukti disertakan cukup

Viral Video Wabup Lamteng Ardito Wijaya Berbuntut Laporan ke Polda Laporan video viral dugaan pelanggaran prokes Wabup Lampura, Ardito Wijaya (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam pelaporan ini, Habibi menjelaskan, pihaknya juga melampirkan berupa alat bukti yaitu, video viral terlapor saat bernyanyi di tengah kerumunan dan surat kesepakatan bersama dengan Forkompinda daerah setempat.

"Surat terkait ketentuan penanggulangan wabah COVID-19 dan protokol kesehatan. Sementara untuk barang bukti, tadi disampaikan pihak SPKT cukup," kata dia.

Baca Juga: Kece! Vaksinasi COVID-19 TNI/Polri di Lampung 42.252 Orang Sehari

2. Kepolisian benarkan adanya laporan

Viral Video Wabup Lamteng Ardito Wijaya Berbuntut Laporan ke Polda Laporan video viral dugaan pelanggaran prokes Wabup Lampura, Ardito Wijaya (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Lampung, AKBP Iedwan Mahfi, membenarkan terkait laporan tersebut dan akan menindaklanjutinya.

"Iya tadi sudah kita terima, untuk saat ini masih BAP Ke Ditreskrimsus," ucap Iedwan, saat dikonfirmasi.

3. Ardito sampaikan permintaan maaf

Viral Video Wabup Lamteng Ardito Wijaya Berbuntut Laporan ke Polda Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya (instagram/@ardito_wijaya).

Pasca viralnya video tersebut, Ardito tak menampik, memang sejatinya sosok pria di dalam video merupakan dirinya. Itu saat menghadiri acara resepsi pernikahan salah satu kerabatnya di Desa Lempuyang Bandar, Kecamatan Way Penghubuan, Kabupaten Lampung Tengah pekan lalu.

Oleh karena itu, ia menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan segenap keluarga. Khususnya seluruh masyarakat Pemkab Lampung Tengah.

"Maaf, atas video saya yang sedang viral saat ini di media sosial, tentang pada saat saya sedang menghadiri hajatan di Desa Lempuyang Bandar," ujar salah satu pengurus DPW PKB Lampung itu, melalui akun Instagram pribadi @ardito_wijaya, Senin (28/6/20210.

4. Viral video berdurasi 33 detik

Viral Video Wabup Lamteng Ardito Wijaya Berbuntut Laporan ke Polda Tangkap layar video viral Wabup Lampura, Ardito, diduga langgar prokes (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan pantauan IDN Times atas viralnya video Ardito Wijaya yang berdurasi 33 detik dan tersebar di beberapa grup WhatsApp itu, memperlihatkan politisi PKB tersebut terlihat bernyanyi sambil berjoget ria tanpa menjaga jarak di sebuah acara pernikahan di Desa Lempuyang Bandar, Way Pengubuan, Lampung Tengah.

Awalnya, Ardito bernyanyi di atas panggung setinggi sekitar 1,5 meter. Kemudian, ia yang saat itu mengenakan batik kuning-hijau dan berkopiah turun ke depan panggung, sontak kumpulan ibu-ibu mulai mengerubungi Ardito.

Terlihat juga, sejumlah pria yang ikut turun mendampingi sang Wakil Bupati ke depan panggung menyawer para penonton, bergoyang diiringi musik dangdut koplo. Dimana, umumnya para penonton terlihat tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak, seusai anjuran prokes COVID-19.

Baca Juga: Satu Bulan Polda Lampung Ungkap 241 Kasus dan Tangkap 270 Tersangka

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya