Kapal Pelni KM Lawit Lokasi Isoter Tiba di Pelabuhan Panjang Hari Ini

Total memiliki 437 bed

Bandar Lampung, IDN Times - Kapal KM Lawit milik PT Pelni sebagai tempat isolasi terpusat (Isoter) pasien COVID-19 di Provinsi Lampung direncanakan tiba di Pelabuhan Panjang, bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76, Selasa (17/8/2021).

Hal itu terungkap saat Rapat Tindak Lanjut Evaluasi Perkembangan Penerapan PPKM dan Penanganan COVID-19 di Wilayah Lampung. Rapat dipimpin langsung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diikuti para bupati/wali Kota secara virtual, di Mahan Agung (rumah dinas Gubernur), Senin (16/8/2021).

"Kita patut bersyukur, karena Lampung mendapat bantuan dalam penanganan Covid-19 berupa kapal ini," ujar Arinal.

Baca Juga: Ingat Ya, Penyekatan Jalan Kota Bandar Lampung Kini Tambah Enam Titik

1. KM Lawit menyediakan 419 bed pasien dan 18 bed nakes

Kapal Pelni KM Lawit Lokasi Isoter Tiba di Pelabuhan Panjang Hari IniPenampakan KM Lawit PT Pelni (IDN Times/Istimewa)

Rencananya, kapal Isoter KM Lawit ini bakal diisi bed (tempat tidur rumah sakit) untuk pasien berkapasitas 419 bed dan 18 bed bagi tenaga kesehatan (nakes).

Arinal menyebut, kehadiran tempat isolasi apung ini untuk mengantisipasi bila kemungkinan terjadi penambahan pasien kasus COVID-19, terutama di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Bandar Lampung, dan Pesawaran.

"Kita tentu terus berjuang diiringi doa, agar angka COVID-19 di Provinsi Lampung terus menurun," kata dia.

2. Direncanakan sandar di Pelabuhan Panjang

Kapal Pelni KM Lawit Lokasi Isoter Tiba di Pelabuhan Panjang Hari IniKegiatan Pemprov Lampung terkait tibanya kapal KM Lawit PT Pelni di Pelabuhan Panjang (IDN Times/Istimewa)

Arinal mengatakan, pemerintah daerah hanya menyiapkan SDM nakes. Itu dikarenakan pendukung lainnya telah disiapkan oleh Kemenkes, PT Pelni, BNPB, dan Kemenhub.

Selain itu, KM Lawit nantinya bakal disandarkan atau ditempatkan di Pelabuhan Panjang. "Kita terus saling koordinasi dalam memanfaatkan kapal ini," imbuhnya.

3. Tingkatkan upaya tracing dan testing

Kapal Pelni KM Lawit Lokasi Isoter Tiba di Pelabuhan Panjang Hari IniKegiatan Pemprov Lampung terkait tibanya kapal KM Lawit PT Pelni di Pelabuhan Panjang (IDN Times/Istimewa)

Selain di tengah penantian datangnya kapal Isoter KM Lawit, Arinal kembali mengingatkan, pemerintah kota dan kabupaten diminta terus mengupayakan menekan angka COVID-19. Salah satu caranya, perlu ditingkatkan upaya tracing dan testing.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan memberi bantuan kepada seluruh kabupaten/kota terkait penyediaan alat rapid Antigen. "Kita minta segera mengusulkan kepada dinas kesehatan Provinsi, untuk kebutuhannya," ucap Arinal.

Selain itu, 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung juga diminta segera menurunkan angka mobilitas. Khususnya, Kota Bandar Lampung melalui upaya penyekatan dan pengetatan prokes atau 5 M.

"Penting juga mendorong penggunaan dana desa, untuk BLT agar realisasi bisa lebih tinggi. Mari kita berjuang bersama, demi Lampung berjaya pada masa akan datang," kata Arinal.

Baca Juga: Epidemiologi Lampung: Jangan Sembunyikan Kasus COVID-19 demi Citra Daerah

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya