Jalan Rusak Ngebut Diperbaiki Jelang Jokowi ke Lampung? Ini Kata Arinal

Pemerintah gelar rapat fasilitasi penanganan infrastruktur

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menegaskan, aktivitas pembangunan dan perbaikan jalan sedang menggeliat baru-baru ini tidak terkait bakal agenda kunjungan Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo pada pekan ini.

Menurut Arinal, sejatinya proses lelang proyek pekerjaan jalan ramai dibahas di media sosial (medsos) tersebut, sudah selesai ditenderkan. Anggaran disiapkan mencapai Rp750 miliar.

"Ini dalam rangka membangun jalan provinsi yang sudah kita anggap tidak bagus dan baru selesai tender. Jadi perbaikan itu semata-mata setelah tender, karena uang itu uang pemerintah harus dilakukan, bukan karena ada apa-apa (kunjungan presiden)," ujarnya saat diwawancarai di Hotel Golden Tulip, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Ombudsman Terima Laporan Enam Jalan Rusak Lampung dari Warga

1. Bakal usulkan penanganan perbaikan jalan ke Jokowi

Jalan Rusak Ngebut Diperbaiki Jelang Jokowi ke Lampung? Ini Kata ArinalKegiatan perbaikan Jalan Rumbia jelang kedatangan Presiden Jokowi. (IDN Times/Istimewa).

Meski perbaikan instruktur jalan itu tak berkaitan dengan kunjungan sang presiden, Arinal menyampaikan, nanti dirinya akan mengusulkan kepada Jokowi dan jajaran. Itu terkait langkah kongkret penanganan dari pemerintah daerah.

Selain itu, ia juga menyakini usulan perbaikan hingga pembangunan jalan tersebut mencakup jalan nasional, jalan provinsi, hingga jalan kabupaten di Lampung.

"Saya akan mengusulkan tidak ada lagi di Provinsi Lampung itu jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten. Mana jalan yang kurang bagus kita lakukan secara bersama dan itu sudah disepakati secara lisan," ucap.

2. Komitmen perbaikan jalan prioritas 2023

Jalan Rusak Ngebut Diperbaiki Jelang Jokowi ke Lampung? Ini Kata ArinalKegiatan perbaikan Jalan Rumbia jelang kedatangan Presiden Jokowi. (IDN Times/Istimewa).

Disampaikan Arinal, sebagaimana komitmen sebelumnya pemerintah daerah juga telah memprioritaskan 14 ruas jalan bakal masuk perbaikan pada 2023.

"Buat saya, penanganannya tapi sekarang ini kita sudah ada sekian ruas jalan yang diprovinsi yang memang dikerjakan," kata Arinal.

3. Penanganan insfrastruktur mengundang irjen hingga dirjen keuangan daerah Kemendagri

Jalan Rusak Ngebut Diperbaiki Jelang Jokowi ke Lampung? Ini Kata ArinalRapat Fasilitasi Penanganan Infrastruktur di Provinsi Lampung, Kamis (4/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Terkait upaya tersebut, Arinal turut menginformasikan, pemerintah daerah juga menggelar rapat fasilitasi penanganan infrastruktur bersama Inspektur Jenderal Kemendagri dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

"Kami minta Bina Marga untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan oleh para bupati. Kemudian provinsi untuk disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri yang ditugaskan oleh Pak Menteri hari ini hadir Irjen Kemendagri dan Dirjen Keuangan Daerah," tandas dia.

Baca Juga: Simsalabim! Jelang Jokowi ke Lampung, Lubang Jalan Rumbia Hilang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya