Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar Lampung

Pelanggar lalu lintas dipantau via sistem identifikasi nopol

Bandar Lampung, IDN Times -Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Kota Bandar Lampung terus mempersiapkan penerapan uji coba Electrical Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan Kota Bandar Lampung.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafly Yusuf Nugraga, mengatakan, hingga H-1 hari ini, Rabu (3/3/2021), pihaknya bersama Ditlantas Polda Lampung masih gencar mensosialisasikan ETLE pada warga Kota Bandar Lampung. Sedangkan tahap persiapan sudah 99 persen untuk diterapkan, Kamis (4/3/2021) .

"Tetap kita lakukan (sosialisasi). Mulai dari membagikan selembar-selembaran sosialisasi tentang ETLE, malalui radio, hingga media pemberitaan. Mudah-mudahan besok bisa memberikan hasil yang signifikan, untuk kemajuan lalu lintas Bandar Lampung," ujar AKP Rafly. 

1. Siapkan videotron ukuran 3×4 untuk ETLE

Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar LampungKamera ETLE, Jumat (26/2/2021) (IDN Times/Tama Wiguna)

AKP Rafly menuturkan, guna menunjang penerapan sistem ETLE, Satlantas Polresta Kota Bandar Lampung sudah mempersiapkan sebuah layar besar, videotron ukuran 3×4 meter. Ada juga enam meja operator berfungsi sebagai back office.

Selain itu, terdapat sebuah ruangan Gakkum (Penegakan Hukum), di Command Center Mapolresta Bandar Lampung. "Ini untuk melayani konfirmasi bagi masyarakat yang ingin menyampikan klaim dan keluhannya, untuk mengetahui pelanggarannya lebih jelas," ucapnya. 

2. ETLE Satlantas Bandar Lampung sudah disematkan program ANPR (Automatic Number Plate Recognition)

Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar Lampung(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Rencananya, uji coba ETLE bakal berlangsung di lima titik yakni di jalan Simpang Tamin, Rumah Makan Garuda, Rumah Makan Begadang Resto II, Ki Maja Sutan Agung, dan jalan Pagar Alam tepatnya depan Universitas Bandar Lampung (UBL).

AKP Rafly mengatakan, saat penerapan uji coba ETLE, personel Satlantas Bandar Lampung tidak akan ditempatkan di lokasi tersebut. Pasalnya, ETLE sudah disematkan program ANPR (Automatic Number Plate Recognition).

"Jadi sistem akan mengidentifikasi dari plat nomor, karena tujuan ETLE sebagai penggantian petugas Polantas di jalan raya. Kita tinggal mengirimkan surat konfirmasi pelanggan sesaui alamat kendaraan yang terdaftar," pungkas AKP Rafly. 

Baca Juga: Gak Pakai Ribet, Cara dan Biaya Bikin SKCK di Polresta Bandar Lampung

3. Uji coba berlangsung dua hari, sebelum akhirnya dilaunching 17 Maret

Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar LampungAKP Rafly, Rabu (3/3/2021) (IDN Times/Tama Wiguna)

AKP Rafly menerangkan, pelaksana uji coba ETLE akan belangsung selama dua hari mulai 4 hingga 5 Maret 2021. Selanjutnya, pihak internal Satlantas Bandar Lampung bersama Ditlantas Polda Lampung bakal melaksanakan evaluasi sampai tanggal 16 Maret.

"Karena di 17 nya kita baru akan melaunching penggunaan ETLE untuk warga Bandar Lampung," imbuhnya. 

4. Besaran nominal denda pelanggar ETLE mengedepankan asZas kemanusiaan

Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar Lampung1.bp.blogspot.com

Terkait denda yang bakal dibebankan kepada pelanggar lalu lintas yang terekam oleh ETLE, AKP Rafly, mengatakan, pihaknya dengan Ditlantas Polda Lampung, kejaksaan, dan pengadilan telah duduk bersama untuk membahas hal tersebut.

Satlantas akan tetap mengedepankan azas kemanusiaan, yang diterapkan oleh pengadilan. "Pasti, besaran harganya tidak akan melampaui batas, karena tujuan kita adalah keselamatan dan ketertiban lalu lintas di kota Bandar Lampung," tukasnya. 

Selain itu, kasatlantas mengatakan,  terkait nominal setiap pelanggaran bakal disampaikan oleh pihak pengadilan saat hari pertama uji coba ETLE. "Tentu. Jumlahnya tidak akan jauh beda, dari pelanggaran tilang biasa," ujar Rafly. 

5. Warga Bandar Lampung umumnya belum paham cara kerja ETLE Satlantas Bandar Lampung

Ingat! Besok Uji Coba Tilang Elektronik di Lima Titik Bandar Lampunginstagram.com/suparta.arz

Seorang warga Bandar Lampung, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Hafidz Kurniawan, menuturkan, belum begitu paham tentang cara kerja sistem ETLE yang diwacanakan Satlantas Bandar Lampung.

"Baru sekadar dengar, kabarnya akan ada kamera Satlantas yang memindai setiap pelanggar lalu lintas. Tapi mudah-mudahan apapun itu, tujuan utama tetap untuk kemajuan warga Kota Bandar Lampung," ujarnya. 

Baca Juga: Catat! Ini Periode Uji Coba Tilang Elektronik Polresta Bandar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya