Cek! Ini 15 Ruas Jalan Rusak Lampung Diperbaiki Sesuai Janji Jokowi

Dari Rp800 M, pagu perbaikan hanya Rp600 M

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo ihwal ambil alih perbaikan infrastruktur jalan rusak meliputi 15 ruas jalan di provinsi setempat.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, pemerintah daerah sudah berkoordinasi dan berkomunikasi hingga mengusulkan bakal perbaikan 15 ruas jalan akan ditangani APBN senilai Rp800 miliar tersebut.

"Sesuai dengan usulan dari pemerintah provinsi ke pusat terhadap 15 ruas di seluruh kabupaten/kota, mungkin kalau tidak salah sekitar 600 M (pagu anggaran)," ujarnya di sela-sela konferensi pers capaian kinerja pembangunan Provinsi Lampung 2019-2023 di Mahan Agung, Senin (8/5/2023). 

1. Sisa APBN Rp200 miliar diperuntukkan penyempurnaan jalan

Cek! Ini 15 Ruas Jalan Rusak Lampung Diperbaiki Sesuai Janji JokowiKonferensi pers capaian kinerja pembangunan Provinsi Lampung 2019-2023 di Mahan Agung, Senin (8/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Arinal, sebagaimana arahan Presiden Jokowi pemerintah pusat akan mengucurkan dana Rp800 miliar guna mengakomodir permasalahan tersebut. Namun peruntukan perbaikan 15 ruas jalan itu hanya digunakan sekitar Rp600 miliar. 

"200 M sisanya untuk penyempurnaan. Nah maksudnya, seperti yang kemarin di daerah Seputih Banyak itu akan kita (pemerintah daerah) bangun 7 kilometer, sementara panjang ruasnya 24 kilometer. Maka 17 akan dibangun pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah provinsi," terangnya.

Kolaborasi perbaikan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah tersebut, dikatakan Arinal turut meliputi perbaikan pada 14 ruas jalan lainnya. "Bila dalam posisi ternyata (Rp800 M) kurang, maka disesuaikan, dan sebaliknya ternyata lebih itu akan dimanfaatkan untuk kepentingan jalan-jalan yang memang harus sudah diperbaiki," sambung dia.

Baca Juga: Viral! Mobil Kepresidenan Jokowi Tersangkut di Jalan Berlubang Lampung

2. Penggunaan APBN mengacu aturan dan hukum

Cek! Ini 15 Ruas Jalan Rusak Lampung Diperbaiki Sesuai Janji JokowiPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo menyusuri jalan rusak penuh lubang dan debu di ruas jalan Desa Rama Nirwana, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut Arinal meyakinkan, penggunaan APBN Rp800 miliar tersebut nantinya akan tetap mengacu pada peraturan-peraturan berlaku. Semisal mulai dari penyusunan anggaran ketat hingga urusan perhitungan kegiatan ditentukan dalam bentuk tender.

"Jadi aturan hukum tetap dijalankan, tetapi nilainya tetap harus dalam rangka perbaikan jalan Provinsi Lampung," imbuhnya.

3. Gubernur beri perhatian khusus atas atensi Presiden Jokowi

Cek! Ini 15 Ruas Jalan Rusak Lampung Diperbaiki Sesuai Janji JokowiPresiden RI Joko 'Jokowi' Widodo menyusuri jalan rusak penuh lubang dan debu di ruas jalan Desa Rama Nirwana, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Arinal menambahkan, pekerjaan perbaikan jalan sudah menjadi atensi Presiden Jokowi ini akan mendapatkan perhatian khusus dan bakal segera terealisasi. Tujuannya, guna meningkatkan penghasilan daerah dari sisi pangan.

Selain itu, dikatakan Provinsi Lampung juga merupakan penghubung transportasi darat antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

"Urusan jalan ini sudah saya minta supaya jadi perhatian, karena dilewati oleh semua provinsi mulai dari Aceh, Sumatra Selatan, hingga Jawa dan sebaliknya mulai dari Bali, Banten, dan langsung ke Sumatera," tandas gubernur.

4. Daftar 15 ruas jalan akan diperbaiki sesuai janji Jokowi

Cek! Ini 15 Ruas Jalan Rusak Lampung Diperbaiki Sesuai Janji JokowiKondisi jalan rusak parah ruas Jalan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Berikut IDN Times rangkum 15 ruas jalan bakal ditangani APBN sebagaimana janji ambil alih Presiden Jokowi.

  • Simpang Korpri - Purwotani, nilai pagu: Rp69,2 miliar
  • Wates- Batas Tanggamus, nilai pagu: Rp37,7 miliar
  • Perbatasan Kluwih - Jatiringin - Sidoharjo - Umbar, nilai pagu: Rp41,500 miliar
  • Tanjung Rusia Timur - Selapan, nilai pagu: Rp28 miliar
  • Bangun Negara - Cukuh Senuman, nilai pagu: Rp21,4 miliar
  • Keramat Teluk - Sri Widodo, nilai pagu Rp37,7 miliar
  • Pagar Dewa - Lumbok, nilai pagu: Rp44 miliar
  • Negeri Baru - Simpang Tiga, nilai pagu: Rp33 miliar
  • Daya Sakti - Makarti, nilai pagu: Rp16,9 miliar
  • Simpang Segitiga Emas - Muara Tenang - Margo Jadi, nilai pagu: Rp73,5 miliar
  • Ekamulya - Wonosari - KTM, nilai pagu: Rp55,7 miliar
  • Bogolama - Pasar Balang, nilai pagu: Rp41,8 miliar
  • Labuhan Maringgai - Marga Sari, nilai pagu: Rp36,1 miliar
  • Simpang Randu - Seputih Surabaya, nilai pagu: Rp72,3 miliar
  • Kota Gajah - Simpang Randu, nilai pagu: Rp191 miliar

Baca Juga: Viral! Video Jokowi Tinjau Jalan Rusak Kota Baru Lamsel Pakai Mercy

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya