Ayah Awbimax dan Bupati Lamtim Kompak Bantah Terjadi Aksi Intimidasi

Informasi intimidasi hoaks

Lampung Timur, IDN Times - Ayah pemilik akun TikTok Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro memberikan klarifikasi ihwal dugaan ancaman dan intimidasi sempat dibagikan sang anak merupakan pengunggah konten viral 'Alasan Lampung Gak Maju-maju' tersebut melalui akun instagram pribadi Bima @awbimax.

Pria bernama Juliman Rumbiono itu tegas membatah informasi ancaman dan intimidasi dialami keluarganya di Lampung Timur tidak benar alias hoaks. Pernyataan ini sebagaimana diungkapkan pada unggahan video klarifikasi akun Instagram Bupati Lampung Timur @dawam_rahadjo, Jumat (14/4/2023).

"Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh, perkenalkan nama saya Juliman Rumbiono dari Raman Utara selaku dari orang tua dari Bima Yudho Saputro yang kuliah di Australia," ucap Juliman mengawali kalimat klarifikasi.

"Dan ini saya ada pak camat habis buka puasa bersama dan salat, bincang-bincang sama pak bupati. Saya ingin mohon maaf pada pak bupati, dengan informasi daripada klarifikasi yang beredar di media sosial itu tidak benar," sambung pria itu di hadapan Bupati Dawam Rahadjo.

Baca Juga: TikToker Awbimax Ngaku Keluarga Diancam, Wagub Lampung: Jangan Takut

1. Informasi liar ancaman dan intimidasi sebatas miskomunikasi

Ayah Awbimax dan Bupati Lamtim Kompak Bantah Terjadi Aksi IntimidasiAyah pemilik akun TikTok Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro, Juliman Rumbiono. (Instagram/@dawam_rahardjo).

Juliman diketahui PNS berdinas di Pemkab Lampung Timur itu menyampaikan, tidak mungkin menjelek-jelekan sosok Bupati Dawam Rahadjo. Terlebih, dirinya pendukung pencalonan Dawam sebagai Bupati Lampung Timur pada 2020 lalu.

"Saya sama pak camat dan pak bupati, saya ini penyuluh. Jadi memang pendukung pak bupati dari awal dan tidak mungkin saya menjelek-jelekan bapak saya. Jadi tidak mungkin, berita itu berita bohong," ucapnya.

Ia pun memastikan, informasi dugaan ancaman dan intimidasi sebatas miskomunikasi dan tidak benar-benar pernah terjadi. "Mungkin anak saya juga salah informasi. Jadi perlu bapak-bapak lihat itu berita yang tidak benar," lanjut dia.

2. Sampaikan permohonan maaf dan jabat tangan

Ayah Awbimax dan Bupati Lamtim Kompak Bantah Terjadi Aksi IntimidasiAyah pemilik akun TikTok Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro

Saat pertemuan itu, Juliman mengaku sengaja mengajak pejabat camat wilayah setempat untuk menemui sang bupati. Itu guna meminta maaf atas kekeliruan informasi sempat beredar luas di tengah-tengah publik.

"Ada ramai-ramai masalah di media sosial. Saya itu habis dinas tadi langsung pulang, terus mandi ajak pak camat buka bersama di sini intinya. Terkait masalah yang tadi, saya selaku manusia mohon maaf," kata dia seraya menjabat tangan Bupati Dawam.

3. Bupati bantah sebut orang tua tidak bisa mendidik

Ayah Awbimax dan Bupati Lamtim Kompak Bantah Terjadi Aksi IntimidasiBupati Lampung Timur Dawam Rahardjo. (instagram.com/diskominfo_lampung_timur).

Masih dalam video klarifikasi tersebut, Bupati Dawan turut berterima kasih atas kedatangan Juliman dalam rangka menjalin silahturahmi dan tabayyun. Termasuk melaksanakan buka puasa bersama dan salat berjamaah dengan orang tua Bima Yudho Saputro tersebut.

"Saya sampaikan juga, saya selaku Bupati Lampung Timur Dawan Rahardjo menyampaikan, tidak pernah menyampaikan orang tua Mas Bima ini sebagai orang tua yang tidak bisa mendidik anak. Itu informasi yang tidak benar," imbuh dia.

Sama halnya Juliman, Dawam Rahadjo turut menyampaikan permohonan maaf atas kekeliruan informasi sempat beredar luas tersebut. "Bagaimana pun kita sudah seperti sahabat, teman, saudara dan kebetulan bapak Juliman ini dinas di Lampung Timur, yang jelas andai kalau saya salah selaku pemimpin dan manusia biasa sama memohon maaf. Kita saling mengingatkan dan saling memberi nasihat," tandas kader PKB tersebut.

Baca Juga: Polda Lampung Dalami Surat Aduan Konten TikTok Viral Awbimax Reborn

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya