Antisipasi Arus Balik Lebaran, Ini Skema Rekayasa Lalin Polda Lampung

Situasi hijau, kuning, dan merah

Lampung Selatan, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas khusus menuju Pelabuhan Bakauheni. Itu guna menyambut periode arus balik Lebaran Idul Fitri 2022/1443 Hijariah.

Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma menjelaskan, rekayasa lalu lintas itu meliputi skema situsi hijau, kuning, dan merah. Menurutnya, skema ini sama seperti dimiliki Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk rekayasa lalu lintas pada kondisi normal hingga padat.

"Arus mudik Lebaran 2022 kita prediksi terjadi pada Jumat dan Sabtu atau di 29, 30 April. Sedangkan untuk prediksi arus balik ini terjadi di 7 dan 8 Mei 2022," ujarnya saat penyampaian materi dalam Rakor Kesigapan Mudik bersama Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko di Bandara Radin Inten II, Rabu (27/4/2022). 

Baca Juga: Pemudik Sepeda Motor Dikawal Polisi Malam Hari? Ini Kata Kapolda

1. Kuning kondisi jalan normal hingga merah terlampau padat

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Ini Skema Rekayasa Lalin Polda LampungDirlantas Polda Lampung, Kombes Pol. Raden Romdhon Natakusuma. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Terkait detail rancangan skema rekayasa lalu lintas tersebut, Romdhon menjelaskan, teruntuk skema hijau sama halnya dengan kondisi normal. Artinya, antrean kendaraan masih berada di dalam Pelabuhan Bakauheni atau kurang dari KM1 ruas jalan tol.

Sementara untuk skema situsi kuning, bagi kondisi lalu lintas padat antrean kendaraan hendak menuju Pelabuhan Bakauheni melebihi KM1 dan akan memanfaatkan cabang jalur arteri sebagai pengalihan kendaraan menuju Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

"Situasi merah, ini kondisinya sangat padat antrean kendaraan sampai dengan KM4 atau hingga gerbang tol Bakauheni Selatan, pada situasi ini semua rest area akan kami jadikan kantong parkir. Alasannya, karena memiliki fasilitas pelayanan hingga nanti baru kita kirim ke pelabuhan sesuai permintaan," terang Romdhon.

2. Pengaturan skema lalu lintas turut diberlakukan untuk sepeda motor

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Ini Skema Rekayasa Lalin Polda LampungAktivitas mudik Lebaran 2020 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut bilamana semua rest area tersebut telah penuh, lantaran lonjakan volume kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni membludak, maka tidak menutup kemungkinan beberapa kilometer pada jalan tol menuju pelabuhan setempat turut dijadikan sebagai kantong parkir.

Romdhon juga menyampaikan, pihak turut mempersiapkan skema pengaturan arus menuju Pelabuhan Bakauheni bagi pengguna kendaraan roda dua alias sepeda motor.

"Untuk roda dua, kita akan melakukan kanalisasi agar tidak terjadi crossing dengan kendaraan berasal dari luar tol. Ini upaya kita bersama untuk memberikan pelayanan selama periode mudik Lebaran," katanya.

3. Berharap KBM masih bisa dilaksanakan online

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Ini Skema Rekayasa Lalin Polda LampungKunjungan Kepala KSP RI Moeldoko ke Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai upaya pencegahan lonjakan volume pada arus balik di 7 dan 8 Mei 2022 nanti, Romdhon juga berharap pemerintah khususnya kementerian terkait dapat sedikit menunda pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Tujuannya, agar para pemudik tidak pulang serentak menuju Pulau Jawa di 8 Mei mendatang.

"Kami berharap sekolah masih bisa melaksanakan sekolah online selama seminggu ke depan pasca hari raya. Jadi pemudik tidak buru-buru untuk pulang atau menyeberang memuju Pulau Jawa," tandas dia.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Joki CPNS 2021, Mahar Rp300 Juta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya