Pemudik Sepeda Motor Dikawal Polisi Malam Hari? Ini Kata Kapolda

Provinsi Lampung salah satu wilayah tersibuk jalur mudik

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno menyiapkan sejumlah strategi untuk diterapkan saat periode mudik lebaran 2022. Itu lantaran, Provinsi Lampung salah satu wilayah tersibuk karena menjadi jalur mudik.

Jalur mudik tersibuk bakal dilalui kendaraan dan pemudik diperkirakan Pelabuhan Bakauheni dan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) hingga Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan jalur arteri.

Berikut IDN Times ulas strategi kapolda mengantisipasi tingginya volume kendaraan para pemudik yang melintas di Lampung.

Arus mudik terkonsentrasi di Pelabuhan Bakauheni

Pemudik Sepeda Motor Dikawal Polisi Malam Hari? Ini Kata KapoldaIlustrasi terminal pelabuhan Bakauheni Lampung (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Menurut Hendro, arus mudik lebaran 2022 bakal terkonsentrasi di Pelabuhan Bakauheni. Itu jalur utama para pemudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya. Selain itu, selepas dari Pelabuhan Bakauheni, kendaraan langsung masuk ke Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

Ia menambahkan, langkah antisipasi bakal dilakukan adalah menyiapkan rest area untuk tempat kantong-kantong parkir. "Jika rest area penuh, maka jalan tol yang sisi B yakni dari arah Palembang ke Bakau akan kita gunakan sebagai tempat untuk kantong parkir juga karena semua orang 1 tujuan yaitu ke Bakau," paparnya.

"Arus mudik tahun ini yang pertama kali setelah 2 tahun dilarang mudik. Saya yakin antusiasme masyarakat tinggi. Kita sudah siapkan itu. Saya juga berkoordinasi pada TNI dan dinas perhubungan utk mengamankan jalur itu," jelasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (23/4/2022).

"Sedangkan pada arus baliknya kita berusaha agar jangan sampai yang kepentingan untuk bersekolah dan kembali bekerja pada tanggal 9 Mei, jangan sampai terlambat. Kita masalahnya ada di pelabuhan bakau, karna semua terkonsentrasi di pelabuhan bakau," tukasnya.

Baca Juga: Cerita Hakim di Lampung, 2 Tahun Tak Mudik ke Bogor Siap Melepas Rindu

Jalur arteri bakal dilalui pemudik sepeda motor

Pemudik Sepeda Motor Dikawal Polisi Malam Hari? Ini Kata KapoldaIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kapolda juga menyoroti jalur arteri bakal dilalui pemudik mengendarai sepeda motor. Untuk itu, implementasi keamanan mendirikan pos dan patroli dan membentuk unit penanggulangan kamtibmas di polres hingga polsek jajaran sudah dilakukan.

Hendro juga mengimbau pemudik mengendarai sepeda motor agar tidak berkendara di malam hari, tapi diimbau dilakukan siang hari. Itu karena berkendara malam lebih berisiko.

"Disamping risiko gangguan kriminalitas, juga ada jalan-jalan yang masih berlubang. Itu perlu diantisipasi dengan baik karena kondisi tubuh yang sudah lelah selama berkendara," jelas jenderal bintang dua ini.

Pemudik sepeda motor dikawal malam hari

Pemudik Sepeda Motor Dikawal Polisi Malam Hari? Ini Kata KapoldaPetugas Kepolisian melakukan memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Mengantisipasi pemudik sepeda motor melintas di jalur mudik saat malam hari, Hendro memiliki ide.

Ide itu pemudik akan dikumpulkan di 1 titik dan akan dikawal sampai ke titik selanjutnya. "Kawal depan dan belakang jangan sampai ada gangguan kamtibmas," tegasnya.

"Saya berempati kepada saudara - saudara kita yang bekerja diluar daerah. Dia sudah dapat uang banyak untuk pulang kampung utk diberikan kepada istri anak dan ibunya, jangan sampai kena begal di Lampung," ujar Hendro.

Tindak tegas begal

Pemudik Sepeda Motor Dikawal Polisi Malam Hari? Ini Kata KapoldaIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolda juga mengatakan, akan tegas kepada pelaku begal di Lampung. "Tidak ada ampun. Saya sudah sampaikan pada tim-tim begal di Polres, tindak tegas itu," katanya.

"Saya akan tindak tegas. Saya sebagai kapolda, diberi tanggung jawab. Saya ambil alih tanggungjawab itu. Saya cari begal-begal itu, sampai hari ini saya cari,"  tandas Hendro.

Ia menambahkan, guna menanggulangi para begal, Polda Lampung bekerjasama dengan danrem dan danbrigif menyiapkan sniper di daerah arteri dan titik rawan. Selain itu, mengantisipasi naiknya angka kriminalitas menjelang hari raya Idul Fitri, Hendro mengingatkan masyarakat untuk menjaga harta dan propertinya masing-masing.

Baca Juga: Operasi Ketupat Krakatau 2022 Kerahkan 4.008 Personel Gabungan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya