500 Peserta Bakal Hadiri Mukernas ke-2 MUI di Lampung

Pelaksanaan Mukernas 9 Desember 2022

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung terus mematangkan persiapan kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-2 MUI di provinsi setempat digelar 9 Desember 2022 mendatang.

Ketua Umum MUI Provinsi Lampung Prof KH Mohammad Mukri mengatakan, penunjukan Lampung sebagai lokasi penyelenggaraan Mukernas II MUI 2022 tersebut dikarenakan provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai tersebut dinilai aman dan nyaman.

“MUI ingin termasuk bagian dalam menjaga kedamaian. Untuk itu, Mukernas nanti bertujuan bagaimana ke depannya bisa adem, nyaman, dan tercapai tujuannya,” ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: PWNU Lampung akan Gelar Mukerwil, Money Politic Jadi Perhatian Serius

1. Perserta Mukernas diperkirakan mencapai 500 orang

500 Peserta Bakal Hadiri Mukernas ke-2 MUI di LampungKetua PBNU dan Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Mohammad Mukri. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna

Lebih lanjut Mukri menyampaikan, Mukernas akan diikuti sekitar 500 peserta. Mereka terdiri dari 300 ulama se-Indonesia dan 200 undangan masyarakat dari sekitar Provinsi Lampung.

Menurutnya, dewan pimpinan pengurus provinsi telah menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah dan menyukseskan Mukernas tersebut. Ini merupakan bukti kepercayaan, Lampung dinilai MUI Pusat sebagai daerah kondusif dan aman.

“Pilihan Lampung ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan Mukernas ini tidak salah. Sebab Lampung surplus pangan dan kondisi Lampung aman dan nyaman. Prinsipnya, kami di Lampung siap menjadi bagian suksesnya Mukernas II MUI,” imbuh mantan Rektor UIN Raden Intan tersebut.

2. Pemerintah daerah siap bantu kelancaran mobilitas kegiatan

500 Peserta Bakal Hadiri Mukernas ke-2 MUI di LampungBandar Udara Radin Intan II (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Menanggapi bakal terlaksananya kegiatan berskala nasional tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut baik dan siap mendukung kesuksesan Mukernas ke-2 MUI digelar di Lampung.

“Dengan tangan terbuka, saya mendukung dan siap menyukseskan Mukernas MUI di Provinsi Lampung,” katanya.

Guna mendukung kelancaran kegiatan bakal dihadiri oleh para pengurus MUI Pusat dan Ketua serta Sektretaris MUI se-Indonesia ini, pemerintah daerah siap membantu kelancaran semisal ketersediaan terkait akomodasi dan transportasi.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak Bandara Radin Intan, untuk memastikan pesawat menuju ke Lampung tidak bermasalah ketika pelaksanaan Mukernas," sambung Arinal.

3. Komitmen wujudkan kepercayaan MUI pusat

500 Peserta Bakal Hadiri Mukernas ke-2 MUI di LampungGubernur Lampung, Arinal Djunaidi. (Dok. Pemprov Lampung)

Arinal menilai, pelaksanaan kegiatan Mukernas di Lampung menjadi wujud kepercayaan harus dijaga bersama. Apalagi, kegiatan akbar tersebut merupakan gelaran organisasi dengan peran besar dalam ikut menyukseskan pembangunan di Tanah Air.

“Pemprov Lampung sangat menyambut baik kegiatan ini. Saya akan mendukung selama menurut MUI, Lampung layak dan bisa menyelenggarakan. Tinggal siapa mengerjakan apa,” tandas dia.

Baca Juga: Duh! Satu Pasien Lampung Terpapar Virus COVID-19 Varian Omicron XBB

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya