Warga Pringsewu Protes Masih Pagi Vaksin Habis, Polres Minta Maaf

Warga meminta pendaftaran vaksin secara online

Bandar Lampung, IDN Times - Guna mendukung program vaksinasi nasional dalam rangka membentuk kekebalan kelompok (herd imunnity), Polres Pringsewu kembali membuka layanan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat Pringsewu, Senin (9/8/2021).

Vaksinasi bertempat di gerai presisi Polres Pringsewu itu dimulai sejak pukul 08.00 - 12.00 WIB. Namun belum sampai pukul 08.00 stok vaksin sudah habis. 

Baca Juga: Sejarah Pringsewu, Kabupaten Terkecil di Lampung tapi Padat Penduduk

1. Syarat vaksinasi

Warga Pringsewu Protes Masih Pagi Vaksin Habis, Polres Minta MaafTenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 Moderna untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Berdasarkan keterangan Humas Polres Pringsewu, vaksinasi dikhususkan bagi masyarakat KTP Kabupaten Pringsewu.

Syarat lainnya harus berusia 18 tahun ke atas, membawa KTP dan Kartu Keluarga, dalam keadaan sehat dan belum pernah di vaksin.

Selain itu peserta juga diimbau memakai masker, sudah makan pagi dan membawa pena untuk mengisi formulir.

2. Polres minta warga sabar dan semangat

Warga Pringsewu Protes Masih Pagi Vaksin Habis, Polres Minta MaafWarga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 saat Vaksinasi Massal COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 26 JWarga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 saat Vaksinasi Massal COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 26 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Antusias masyarakat Pringsewu mengikuti vaksinasi ternyata cukup tinggi sehingga stok vaksin sudah habis. Bahkan sebelum jadwal vaksinasi di mulai.

Menurut keterangan laman resmi Humas Polres Pringsewu banyak masyarakat yang datang sejak pukul 05.00 WIB. Sehingga pada pukul 07.00 WIB petugas sudah membuka gerai vaksin.

"Mohon maaf kepada masyarakat Pringsewu yang belum bisa terlayani seluruhnya. saat ini vaksin dan tenaga vaksinator masih terbatas sedangkan peminat vaksinasi sangat banyak," berdasarkan keterangan resmi pada akun instagram Humas Polres Pringsewu.

Pihak Polres mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan vaksin karena kegiatan vaksinasi akan terus berlanjut hingga seluruh warga mendapat vaksin.

"Harap sabar dan jangan patah semangat," tulis akun itu. 

3. Andai daftarnya online

Warga Pringsewu Protes Masih Pagi Vaksin Habis, Polres Minta MaafAnastasia Gepp dari Pixabay" target="_blank">Pixabay.com

Salah satu warga Pringsewu Ihza Mahendra yang sempat mengikuti antrean vaksin di Polres Pringsewu mengaku tak ingin ikut antre kembali. Ia memilih vaksin di tempat lain yang bisa daftar secara online.

Menurutnya terkait persoalan pengadaan vaksinasi di Polres Pringsewu adalah jumlah vaksin tidak sebanding dengan peminat.

"Sistem pendaftarannya juga kurang bagus. Di infonya buka vaksin jam 8, tapi faktanya jam 6 sudah habis," ungkapnya saat diwawancara IDN Times Senin, (9/8/2021).

Sementara itu di kolom komentar instagram Humas Polres Pringsewu juga banyak menuai protes dari warga yang kecewa tidak mendapat vaksin.

"Andaikan daftarnya online jadi gak banyak yang kecewa dan mempermudah rumah yang jauh. Kalau kaya gini aku udah dateng subuh sampe sana gak kebagian nomor antrean," kata warganet @deksyifa.

Warganet lain banyak juga yang menyarankan menambah tenaga kesehatan serta memberitahu masyarakat lain agar datang sejak pukul 05.00 WIB supaya mendapat nomor antrean.

Baca Juga: Buka Vaksin Online, Polda Lampung Siap Realisasikan Instruksi Kapolri

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya