Comscore Tracker

Viral Video Polwan Jabat Kanit Satnarkoba Polres Mesuji Isap Sabu

Dicopot dari jabatannya meski berprestasi ungkap kasus

Bandar Lampung, IDN Times - Bidang Profesi dan Pengamanan Internal (Bidpropam) Polda Lampung masih memeriksa intensif Aiptu DA. Polisi wanita (Polwan) anggota Polres Mesuji itu diamankan lantaran mengonsumsi narkotika jenis sabu.

Polwan menjabat sebagai Kanit Sanarkoba Polres Mesuji itu diperiksa lantaran videonya diduga sedang mengisap sabu dari bong viral di media sosial.

Berikut IDN Times rangkum fakta-fakta seputar Aiptu DA berdasarkan keterangan resmi dari Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad kepada awak media, Jumat (120/11/2020).

1. Video viral berdurasi 57 detik

Viral Video Polwan Jabat Kanit Satnarkoba Polres Mesuji Isap Sabupsychalive.org

Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, pihaknya belum dapat membeberkan hasil pemeriksaan terhadap Aiptu DA. Alasannya, menunggu hasil perkembangan pemeriksaan dari Bidpropam.

“Kasus ini baru dilaporkan dan belum sampai 24 jam. Penyidik Bidpropam Polda Lampung juga masih menelusuri kapan video itu direkam. Termasuk siapa yang merekamnya dan identitas satu perempuan lain yang ada di dalam video tersebut,” papar Pandra sapaan akrab perwira polisi ini.

Dalam rekaman video yang beredar,  Aiptu DA mengenakan kaus hitam dan celana jins biru muda. Ia diduga mengisap sabu sembari berbincang dengan rekannya di sebuah rumah.

2. Aiptu DA sudah dicopot dari jabatannya

Viral Video Polwan Jabat Kanit Satnarkoba Polres Mesuji Isap SabuKabid Humas Polda Lampung, Zahwani Pandra Arsyad memberikan keterangan kepada awak media usai konferensi pers di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung, Kamis (13/8/2020). (IDN Times/ Martin L Tobing)

Pandra mengatakan, Aiptu DA sudah dicopot dari jabatannya sebagai Kanit Satnarkoba Polres Mesuji. “Saat ini dia sudah dibebas tugaskan. Terkait ancamannya seperti apa kita lihat dulu dari perilakunya karena kita butuh saksi kenapa dia berbuat seperti itu, apakah karena depresi atau karena tekanan,” ujarnya.

Ia tak menampik, Aiptu DA sebelum terjerat kasus penyalahgunaan narkotika merupakan sosok polisi berprestasi. “Ia sering ungkap kasus di satuan tempatnya bertugas. Kami menyayangkan kejadian ini," ujarnya.

Kabid Propam Polda Lampung, Kombes Pol Joas Feriko Panjaitan telah memerintahkan kepada seluruh anggota melakukan Giat Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di polres dan jajaran. Tujuannya, saat pandemik ini, pengawasan secara internal maupun eksternal anggota kepolisian tetap dilakukan.

3. Dalami hubungan kasualitas

Viral Video Polwan Jabat Kanit Satnarkoba Polres Mesuji Isap SabuIlustrasi topi polwan. (kepri.haluan.co)

Menurut Pandra aktivitas dan lingkungan polwan mempengaruhi penilaian. Sebab perlu diketahui secara pasti apa yang menyebabkan oknum tersebut menghisap sabu-sabu.

“Kita lihat dulu dia selama ini beradaptasi dengan siapa saja, sudah menikah atau belum dan dia melakukan itu karena frustasi atau memang ketergantungan kan kita gak tau. Nah hubungan kasualitas itu yang sedang kita dalami,” jelasnya.

Baca Juga: Polda Lampung Sita 955 Gram Sabu dan 8.400 Butir Ekstasi Rp3,5 Miliar

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya