Vaksinasi Baru 50 Persen, Eva Dwiana Blusukan ke Pasar Tradisional

Bandar Lampung menarget warga tuntas vaksin Desember 2021

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota (Wako) Bandar Lampung, Eva Dwiana, blusukan ke pasar-pasar tradisional dan swalayan demi mengajak pedagang mengikuti vaksinasi COVID-19.

Eva mengatakan, sekitar 82 persen warga Kota Bandar Lampung sudah mendapat vaksinasi dosis pertama. Sedangkan vaksinasi dosis kedua baru mencapai 50 persen.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Eva ini menargetkan vaksinasi di Kota Tapis Berseri ini selesai pada Desember 2021. Pihaknya melakukan jemput bola dengan mendatangi masyarakat yang takut mendapat vaksinasi.

1. Banyak pedagang takut vaksin

Vaksinasi Baru 50 Persen, Eva Dwiana Blusukan ke Pasar TradisionalVaksinasi sopir dan driver ojek online di Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Eva menyayangkan masih banyak pedagang di pasar belum mau divaksin. Pihaknya meminta para tenaga kesehatan memberi pengertian lebih agar masyarakat mau divaksin.

"Untuk kelurahan dan kecamatan sudah keliling door to door. Kalau RT sudah menyuruh dan tetap tidak mau, nanti Puskesmas yang beri informasi langsung," kata Eva usai blusukan vaksinasi di Pasar Tengah Tanjungkarang, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga: Kondisi Tubuh Anak Usia 6 Tahun ke Atas Tak Bisa Divaksinasi COVID-19

2. Bukan warga Bandar Lampung juga bisa vaksinasi

Vaksinasi Baru 50 Persen, Eva Dwiana Blusukan ke Pasar TradisionalVaksinasi massal di GSG Unila (IDN Times/Silviana)

Eva mengimbau pekerja toko yang bukan masyarakat asli Bandar Lampung ikut divaksin ke Puskesmas. Pekerja toko tersebut menurutnya sudah tinggal dan bekerja di Bandar Lampung.

"Kita kasih dispensasi untuk pekerja toko agar vaksinasi di Puskesmas kita. Tapi kalau dia pendatang, ya tidak bisa," terangnya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Dosis 1 Lamsel 66,6 Persen, Tanggamus 33,1 Persen

3. Stok vaksin Moderna di Puskesmas kosong

Vaksinasi Baru 50 Persen, Eva Dwiana Blusukan ke Pasar TradisionalVaksin Moderna (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Seorang warga Kedamaian, Bandar Lampung, Dewi mengatakan, sudah melakukan vaksinasi dosis pertama menggunakan vaksin Moderna. Namun hingga kini belum mendapat vaksin dosis kedua.

"Seharusnya sesuai jadwal awal Oktober lalu, tapi sudah ke Puskesmas masih kosong jadi ditunda. Tolong disediakan lagi supaya bisa tuntas vaksinasinya, karena gak cuma saya yang nunggu," terangnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Lansia Jadi Tantangan Pemkab Lampung Selatan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya