Vaksinasi COVID-19 Lansia Jadi Tantangan Pemkab Lampung Selatan

Padahal sudah door to door sambangi lansia

Lampung Selatan, IDN Times - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta kepada seluruh tim Satgas COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan agar lebih serius menangani vaksinasi bagi masyarakat umum maupun lansia di wilayahnya. Hal itu disampaikannya saat rapat koordinasi Satgas COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat, Selasa (26/10/2021).

Ia mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna mencapai herd immunity capaian vaksinasi pada suatu wilayah harus mencapai 70 persen.  Apabila herd immunity di Kabupaten Lampung Selatan telah tercapai, pertumbuhan ekonomi perlahan akan kembali tumbuh. Hal tersebut seiring kembali normalnya pergerakan pada masyarakat.

“Walaupun saat ini Lampung Selatan bisa mempertahankan level 2, kita harus terus agar mencapai 100 persen. Untuk mencapai itu, dibutuhkan tim yang tetap solid, tetap kerja untuk mengatasi persoalan bangsa ini. Ini persoalan besar, karena berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga: Stok Vaksin Lamsel Habis, Masih Butuh 615.000 Dosis demi Herd Immunity

1. Realisasi dosis pertama 58,79 persen

Vaksinasi COVID-19 Lansia Jadi Tantangan Pemkab Lampung SelatanVaksinasi di Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Nanang mengatakan, pihaknya akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat umum usia 12 tahun hingga 59 tahun dan lansia usia 60 tahun ke atas.

Tercatat, realisasi vaksinasi COVID-19 masyarakat umum untuk dosis pertama baru mencapai 58,79 persen dan dosis kedua 15,32 persen. Sedangkan lansia dosis pertama sebanyak 41,69 persen dan dosis kedua sebanyak 7,31 persen.

“Untuk mencapai 70 persen (herd immunity), kita masih kekurangan. Karena masih banyak masyarakat yang belum divaksin. Nah tadi, ketika situasi seperti ini, masyarakat sudah menginginkan suatu kegiatan-kegiatan normal,” kata Nanang.

2. Kekurangan capaian vaksinasi tanggungjawab seluruh stakeholder

Vaksinasi COVID-19 Lansia Jadi Tantangan Pemkab Lampung SelatanProgram vaksin massal di Mako Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Nanang menjelaskan, kekurangan capaian vaksinasi di Lampung Selatan menjadi tanggungjawab seluruh stakeholder terkait. Terutama dalam menyosialiasikan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat umum.

Ia menambahkan, untuk mencapai target herd immunity diperlukan kesadaran dari masing-masing individu akan pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

“Kuncinya ada dikita semua, untuk menyosialisasikan hal-hal ini. Karena ini tanggungjawab kita. Seandainya capaian vaksin ini tidak bisa kita atasi, yang rugi kita juga. Melambatnya aktivitas kita,” ucapnya.

3. Vaksinasi lansia jadi tantangan

Vaksinasi COVID-19 Lansia Jadi Tantangan Pemkab Lampung SelatanVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Joniansyah mengatakan, timnya menargetkan November 2021 mendatang Lampung Selatan berada pada PPKM level 1 dari Level 2 saat ini.

“Level 1 itu syaratnya adalah 70 persen untuk dosis satu dan 60 persen untuk lansia. Saya optimis bisa tercapai pada bulan November ini dengan catatan vaksin tersedia,” katanya.

Namun demikian, Joniansyah mengatakan, ada kendala pada vaksinasi untuk lansia. Oleh karena itu, ia meminta agar para camat turut membantu mengumpulkan lansia di wilayahnya untuk dilakukan divaksinasi.

“Pengalaman kita ini kemarin lansia sangat sulit, kita sudah laksanakan dengan segala hal. Kita juga sudah door to door, memang banyak hal terkait dengan lansia ini yang menjadi hambatan kita,” ujarnya.

Baca Juga: Lampung Selatan Masih PPKM Level 2, Pencapaian Vaksinasi 56,3 Persen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya