Pemkab Lamsel Jadikan Wisma Atlet dan Rusunawa Tempat Isolasi COVID-19

Segera perbaiki ruangan yang rusak

Bandar Lampung, IDN Times - Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto meninjau kesiapan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) dan Wisma Atlet Lampung Selatan (Lamsel) sebagai tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 terpusat, Selasa (17/8/2021).

Menurut Nanang, upaya tersebut sesuai arahan Pemerintah Pusat melalui Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luar Jawa-Bali.

"Kunjungan Pak Airlangga Hartato ke Lampung kemarin, menyampaikan Pemerintah Daerah kabupaten/kota diwajibkan menyiapkan lokasi isolasi terpusat pasien covid-19 di wilayahnya masing-masing," kata Nanang.

Baca Juga: RS di Lamsel Diminta tak Tolak Pasien Ibu Hamil Positif COVID-19

1. Gotong royong benahi tempat isolasi

Pemkab Lamsel Jadikan Wisma Atlet dan Rusunawa Tempat Isolasi COVID-19Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Nanang meminta seluruh OPD saling bergotong-royong mempersiapkan tempat isolasi mulai dari bahan baku yang dibutuhkan, sarana kebersihan serta kelengkapan peralatan lainnya.

“Ini kita lakukan bersama-sama dengan bergotong-royong. Pemerintah daerah tidak ada duit, tapi pemerintah daerah ada cara,” ujarnya.

2. Butuh pemikiran bersama bukan keluhan

Pemkab Lamsel Jadikan Wisma Atlet dan Rusunawa Tempat Isolasi COVID-19Pexels.com/Craig Adderley

Nanang juga mengatakan tidak ingin mendengar keluhan melainkan saling berupaya mencurahkan pemikiran. Menurutnya jika dikerjakan bersama maka semuanya jadi lebih mudah.

"Kita hanya bisanya berbuat seperti ini. Ibarat musuh ini musuhnya tidak keliatan, untuk itu dibutuhkan pemikiran kita semua untuk mengatasinya,” ucapnya.

3. Ada 28 ruangan siap pakai

Pemkab Lamsel Jadikan Wisma Atlet dan Rusunawa Tempat Isolasi COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sementara, Kalak BPBD Lamsel, M Darmawan mengatakan, saat ini ada 28 ruangan yang sudah siap pakai untuk pasien COVID-19 dari tolal 40 kamar yang tesedia.

“Untuk kendala-kendala seperti kebocoran, toilet yang rusak dan masalah air tidak mengalir akan segera ditangani sehingga seluruh ruangan dapat digunakan,” tuturnya.

Baca Juga: Lokasi Vaksinasi COVID-19 Gratis Polres Tanggamus dan Lamsel

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya