Panen Cabai Rawit di Lampung Barat, Pemkab Bagikan Bibit Gratis

Penanaman hortikultira secara efektif di Lampung Barat

Lampung Barat, IDN Times - Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu produsen berbagai jenis komoditas pertanian khususnya holtikultura (sayuran, buah dan biofarmaka) dipasok ke dalam maupun luar Provinsi Lampung. Ketinggian 50 hingga 1000 meter di atas Permukaan Laut (MDPL) menjadikan wilayah ini memiliki morfologi beragam mulai dari dataran rendah sampai dengan perbukitan.

Kondisi iklim basah di daerah ini sangat cocok ditanami tanaman jenis apapun. Salah satunya adalah cabai baru saja dipanen oleh petani di Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Korupsi Mark Up Anggota DPRD Tanggamus, Kembalikan Kerugian Rp4,5 M

1. Panen cabai rawit dan bagikan bibit cabai gratis

Panen Cabai Rawit di Lampung Barat, Pemkab Bagikan Bibit GratisIlustrasi Pohon Cabai Rawit (Cengek) (IDN Times/Daruwaskita)

Panen Raya cabai rawit tersebut ditinjau langsung Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat l, Nukman bersama ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Edi Novial.

Sebelum melakukan panen cabai di lahan kurang lebih 5 setengah ratai, Nukman menyerahkan secara simbolis 750 bungkus benih cabai rawit dan 750 botol pupuk organik cair yang diperuntukan untuk 31 kelompok tani Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu.

“Harapannya, bibit cabai ini menjadi stimulus dan penyemangat bagi petani dalam membudidayakan cabai rawit,” ujarnya.

2. Berharap jadi desa percontohan desa lain penanaman hortikultura secara efektif

Panen Cabai Rawit di Lampung Barat, Pemkab Bagikan Bibit GratisTanaman sayur di Baturiti, Tabanan (Dok.IDN Times/East West Seed Indonesia)

Sembari memetik cabai merah, Nukman mengatakan, tanaman cabai merah di Pekon Sindang Pagar tersebut diharapkan menjadi contoh dan ditiru oleh masyarakat Lampung Barat agar bisa melakukan penanaman Hortikultura dengan cara efektif.

“Kita hari ini melakukan panen raya cabai merah, dan ini hasilnya sudah lumayan. Mudah-mudahan hasilnya dapat menopang kesejahteraan masyarakat,” kata Nukman.

3. Petani harus kompak dan saling menolong

Panen Cabai Rawit di Lampung Barat, Pemkab Bagikan Bibit GratisIDN Times/Daruwaskita

Nukman juga berpesan kepada petani di Lampung Barat harus bersatu padu dan tolong menolong dengan harapan menjadi petani  tangguh dan maju sehingga terciptanya kesejateraan bagi masyarakat.

Selain itu, dinas ketahananan pangan dan holtikultura juga memberi penyuluhan terhadap petani Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu agar pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usaha tani guna meningkatkan kesejahteraan.

Baca Juga: Residivis Pencuri Motor di Lampung Tewas Baku Tembak dengan Polisi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya