Residivis Pencuri Motor di Lampung Tewas Baku Tembak dengan Polisi

Tercatat curi motor lebih di 10 TKP

Bandar Lampung, IDN Times - Polisi menembak residivis spesialis pencuri sepeda motor lintas kabupaten di Provinsi Lampung. Pelaku meninggal dunia setelah memberikan perlawanan hingga terlibat baku tembak dengan petugas.

Pelaku Yusuf Efendi (37) warga Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur. Ia dihadiahi timah panas oleh petugas, karena melawan secara aktif saat hendak ditangkap.

"Benar, tersangka YE masuk DPO (daftar pencarian orang) di empat kabupaten yang sudah kita kejar sejak lama," ujar Wadir Ditreskrimum Polda Lampung, AKBP Hamid Andri Soemantri, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Korupsi Mark Up Anggota DPRD Tanggamus, Kembalikan Kerugian Rp4,5 M

1. Sempat dihentikan petugas dan kabur

Residivis Pencuri Motor di Lampung Tewas Baku Tembak dengan PolisiPolisi bawa jasad tersangka Yusuf Efendi ke RS Bhayangkara Polda Lampung. (IDN Times/Istimewa)..

Diungkapkan Hamid Andri, penangkapan terhadap tersangka Yusuf Efendi berlangsung dramatis karena sempat tembak-menembak dengan petugas. Mulanya, Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan mendapatkan informasi ihwal keberadaan Yusuf Efendi.

Tersangka Yusuf Efendi saat itu tengah mengendarai kendaraan roda dua bersama satu orang lain (DPO) dan diduga hendak melakukan kejahatan di sekitar Jalan Simpang Pugung, Lampung Timur, Rabu (2/8/2023) dini hari.

"Anggota coba menghentikan tersangka, namun dia malah tancap gas dan hendak menabrak petugas kami," ungkap Hamid.

2. Terjadi kejar-kejaran hingga baku tembak

Residivis Pencuri Motor di Lampung Tewas Baku Tembak dengan PolisiIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Mendapati keberadaan petugas tersebut, Yusuf Efendi dan rekannya langsung kabur ke arah Desa Gunung Sugih, Lampung Timur. Polisi langsung mengejar keduanya, namun tersangka Yusuf mengeluarkan senjata api dan menembaki polisi.

"Sempat terjadi perlawanan aktif, sehingga anggota kami terpaksa melakukan tindakan tegas terukur terhadap tersangka," imbuh Wadirreskrimum.

Tersangka Yusuf Efendi berhasil dilumpuhkan petugas, itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung, untuk mendapatkan perawatan. "Tersangka meninggal dalam perjalanan dari Lampung Timur," sambung dia.

3. Jasad masih diautopsi di RS Bhayangkara Polda Lampung

Residivis Pencuri Motor di Lampung Tewas Baku Tembak dengan PolisiIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Hamid melanjutkan, polisi kini masih mendalami laporan pencurian dengan kekerasan yang dilakukan tersangka. Sementara dari catatan, terdapat sekitar 10 TKP pencurian sepeda motor di empat kabupaten berbeda melibatkan tersangka Yusuf Efendi.

"Ya, untuk jasad tersangka saat ini masih dilakukan autopsi di RS Bhayangkara Polda Lampung," tandas eks Kapolres Pringsewu tersebut.

Baca Juga: Sertijab 6 Kapolres, Kapolda Lampung: Harus Lebih Cepat Ungkap Kasus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya