Mantap! Inovasi Petani Tulang Bawang Juara 3 Tingkat Nasional

Gagas penggiling padi hemat biaya produksi

Bandar Lampung, IDN Times - Inovasi bidang pertanian digagas petani Tulang Bawang juara tiga lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan (TTGU) tingkat nasional 2021.

Dalam lomba ini, Tulang Bawang mengikutsertakan karya Nurhadi, petani asal Kampung Batanghari, Kecamatan Rawapitu. Petani itu menciptakan mesin penggiling padi hasil beras kualitas premium.

Menurut pemaparan Nurhadi, mesin pengolah serbaguna atau multipurpose processing machine itu. "Ini mampu menekan biaya produksi gabah menjadi beras," jelasnya, Selasa (21/9/2021). 

1. Bersaing dengan 18 provinsi

Mantap! Inovasi Petani Tulang Bawang Juara 3 Tingkat NasionalIlustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Gelaran TTGU merupakan apresiasi dan penghargaan diberikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia atas inovasi - inovasi karya anak bangsa dari Sabang sampai Merauke. Itu guna mendukung inovator teknologi tepat guna di Indonesia.

TTG Tahun 2021 berasal dari 18 provinsi dan 43 kabupaten telah melalui proses seleksi dan penilaian bagi para pemenang. Penilaian berdasarkan hasil inovasinya melalui video.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, dan diterima inovator. Sedangkan untuk Juara Umum, penghargaan diterima Gubernur Arinal Djunaidi

Baca Juga: Gowes Cara Unik Bupati Winarti Tinjau Sekolah Tatap Muka Tulang Bawang

2. Peran teknologi tepat guna bagi desa

Mantap! Inovasi Petani Tulang Bawang Juara 3 Tingkat NasionalDiskominfo Tulang Bawang

Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Suprapedi, mengatakan, penyelenggaraan, ajang TTGU wadah memasarkan dan mempromosikan teknologi tepat guna, memunculkan inovator-inovator dan membuka peluang kemitraan antar pemangku kepentingan.

"Teknologi tepat guna sangat berperan mempercepat pembangunan desa, sehingga desa mampu bangkit dan berkembang sesuai kebutuhan masyarakat," katanya.

3. Pemda diminta fasilitasi inovasi masyarakat

Mantap! Inovasi Petani Tulang Bawang Juara 3 Tingkat Nasionalstrategimanajemen.net

Menteri Abdul Halim Iskandar berharap, pemda dapat terus memfasilitasi masyarakat pengembangan inovasi dibidang teknologi tepat guna. Itu sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan di desa.

"Dunia usaha juga dapat berperan serta dengan terus membina masyarakat untuk mendorong inovasi - inovasi dibidang teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," harapnya.

4. Saling kerjasama hindari impor

Mantap! Inovasi Petani Tulang Bawang Juara 3 Tingkat NasionalIlustrasi ekspor impor (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap, seluruh provinsi di Indonesia memiliki potensi dibidang pertanian berjuang bersama dan terhindar dari impor.

"Karena hilirisasi akan meningkatkan perekonomian", ungkap Gubernur.

Bupati Tulang Bawang, Winarti bersyukur dan bangga atas penghargaan itu. Pihaknya berharap, ke depan lebih banyak inovasi-inovasi yang hadir di Kabupaten Tulang Bawang khususnya di tingkat Nasional.

Baca Juga: Kece! Inovasi Penggiling Padi Tulang Bawang Masuk 10 Besar Nasional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya