Gowes Cara Unik Bupati Winarti Tinjau Sekolah Tatap Muka Tulang Bawang

Sambil nyobain jalan baru dibangun

Bandar Lampung, IDN Times - Sekolah tatap muka bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tulang Bawang mulai diberlakukan sejak, Senin (6/9/2021).

Pembelajaran tatap muka itu ditinjau langsung oleh Bupati Tulang Bawang Winarti. Uniknya, Bupati perempuan pertama di Tulang Bawang ini meninjau beberapa sekolah dengan cara gowes sepeda bersama Sekretaris Daerah, Kepala Dinas PU dan jajaran lainnya.

"Tadi saya mau ngebut gowesnya tapi takut pak sekda tertinggal," seloroh Winarti.

Baca Juga: Peredaran Narkotika Berkedok Salon Kecantikan di Tuba Digerebek Polisi

1. Mekanisme sekolah tatap muka

Gowes Cara Unik Bupati Winarti Tinjau Sekolah Tatap Muka Tulang BawangIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Winarti meninjau pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 2 Banjar Agung dan SD Negeri 1 Tunggal Warga. Pihaknya memastikan proses belajar mengajar di sekolah tersebut sesuai protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan pemerintah, seperti memakai masker, mengukur suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan, dan menjaga jarak dalam kelas yang telah dibagi sistem shift pagi dan siang hari.

"Di SMPN 2 Banjar Agung jumlah siswa dalam ruangan hanya setengah dari total murid. SMP ini juga menerapkan sistem tiga hari masuk dan tiga hari libur dengan waktu pembelajaran hingga pukul 10 pagi," jelas Winarti.

Kemudian di SDN 1 Tunggal Warga menerapkan kegiatan belajar mengajar dalam dua sesi, yakni pagi dan siang hari dengan jumlah siswa hanya 15 orang per pertemuan.

2. Bentuk satgas sekolah

Gowes Cara Unik Bupati Winarti Tinjau Sekolah Tatap Muka Tulang BawangBupati Tulang Bawang, Winarti tinjau sekolah tatap muka di SD dan SMP (Instagram.com/winartiku.winartiku)

Winarti mengimbau setiap sekolah dapat menjaga protokol kesehatan ketat. Selain itu ketika pelajar akan masuk kelas maupun sudah keluar kelas, ruangan harus disterilkan menggunakan desinfektan.

Bupati juga meminta setiap sekolah di Tulang Bawang diadakan Satgas sekolah untuk memantau penerapan protokol kesehatan yang menyenangkan bagi siswa.

"Tapi orangtua juga berperan penting untuk memastikan putra putrinya bermasker dan rajin belajar," ujarnya

3. Tinjau insfratruktu jalan

Gowes Cara Unik Bupati Winarti Tinjau Sekolah Tatap Muka Tulang BawangBupati Tulang Bawang, Winarti tinjau sekolah tatap muka naik sepeda (Instagram.com/winartiku.winartiku)

Kegiatan gowes sepeda itu juga sekaligus meninjau insfratruktur jalan di Tulang Bawang yang baru saja diperbaiki yakni di Jalan Ronggolawe sampai Tugu Kuning.

"Tugu kuning sampai ke pasar tahun depan kita selesaikan, InsyaAllah. Nanti kalau sudah selesai sampai teman merah putih kita goes lagi dan bisa senam juga," ungkap Winarti.

Baca Juga: Sejarah Tulang Bawang, Pernah Jadi Kerajaan Terbesar di Nusantara

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya