Jadwal Tes SMMPTN ITERA dan Cara Pendaftarannya

Yuk cek apa saja perlu kamu persiapkan

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah Barat. Pendaftaran dibuka sejak 17 Mei–21 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.

Dalam seleksi jalur ini, ITERA mengalokasikan kuota sebanyak 10 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima tahun ini, atau sebanyak 549 mahasiswa tersebar di 35 program studi.

ITERA juga bekerjasama dengan 16 PTN lain tergabung di bawah Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat. Berikut IDN Times rangkum apa saja perlu kamu siapkan untuk mendaftar SMMPTN ITERA.

1. Pelaksanaan tes UTBK

Jadwal Tes SMMPTN ITERA dan Cara PendaftarannyaPelaksanaan tes peserta UTBK-SBMPTN (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA Eko Satria menjelaskan, Pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat dijadwalkan 28 Juni-7 Juli 2021, dan hasil tes diumumkan 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Dalam pelaksanaan SMMPTN Barat, ITERA menyelenggarakan ujian bagi peserta yang memilih bidang Saintek dan Soshum.

"Peserta juga dapat memilih lokasi ujian di kampus terdekat dengan tempat tinggal, tidak harus di kampus yang menjadi pilihan," jelasnya.

Baca Juga: Mulai Kuliah Tatap Muka, ITERA Sediakan Alat GeNose Gratis 

2. Usahakan daftar diawal

Jadwal Tes SMMPTN ITERA dan Cara Pendaftarannyapexels.com/@olly

Eko mengatakan, pendaftar SMMPTN Barat yang dapat memilih prodi di ITERA adalah lulusan SMA/SMK sederajat atau paket C jurusan IPA yang lulus tahun 2019, 2020, dan 2021. Lulusan SMA/sederajat jurusan IPS hanya dapat mengikuti seleksi dengan pilihan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) namun tetap mengikuti tes bidang saintek.

Meskipun jadwal pendaftaran terlihat cukup panjang, para peserta sudah bisa mendaftar pada awal waktu supaya menghindari terjadinya down system karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir.

"Ini juga untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra. Informasi resmi mengenai SMMPTN-Barat 2021 dapat diakses melalui laman www.smmptnbarat.id atau pmb.itera.ac.id," terang Eko

3. Biaya pendaftaran Rp350 ribu

Jadwal Tes SMMPTN ITERA dan Cara PendaftarannyaIlustrasi Uang Rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA Prof Mitra Djamal, menyampaikan, pembukaan pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri sebagai upaya memperluas kesempatan calon mahasiswa atau lulusan SMA sederajat untuk menempuh pendidikan tinggi.

"Sebanyak 35 Prodi dengan bidang sains dan teknologi di ITERA dapat dipilih oleh para calon mahasiswa baru," ujarnya.

Untuk mengikuti SMMPTN Barat, peserta yang mendaftar akan dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp350 ribu dan berlaku seragam untuk seluruh PTN. Pembayaran dilakukan melalui bank mitra yang telah ditetapkan panitia.

"Peserta nantinya dapat memilih maksimal dua prodi baik pada satu PTN atau PTN yang berbeda," kata Mitra.

4. Gunakan model ujian CAT

Jadwal Tes SMMPTN ITERA dan Cara PendaftarannyaIlustasi pelaksanaan UTBK di salah satu Perguruan Tinggi Indonesia (Dokumen)

Mitra Djamal mengatakan, SMMPTN Barat tahun ini, peserta akan mengikuti ujian model UTBK-SBMPTN yaitu CAT (Computer Assisted Test), seperti yang sebelumnya telah dilakukan oleh ITERA.

“Tahun lalu ITERA menjadi kampus percontohan pelaksanaan ujian SMMPTN secara UTBK, dan tahun ini semua kampus sudah melaksanakan UTBK,” terangnya.

Pelaksanaan tes secara UTBK, menurut Mitra dilakukan untuk memudahkan peserta tes, dan mempercepat untuk mengtahui hasil tes, sehingga lebih menjamin kepastian lulusan.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa ITERA Desain Rumah Tahan Banjir Raih Juara 1 Nasional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya