Eva Dwiana: Pemkot akan Dirikan BLK Sasar Anak Putus Sekolah

Usai pelatihan langsung disalurkan ke perusahaan

Bandar Lampung, IDN Times - Bagi sebagian orang menempuh perguruan tinggi adalah hal yang cukup sulit. Bahkan banyak yang tak sempat merasakan bangku sekolah, dan langsung memutuskan untuk bekerja.

Namun, dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang tak sesuai kebutuhan perusahaan, sulit bagi mereka untuk mendapat pekerjaan yang layak.

Menjawab persoalan tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berencana mendirikan sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK) untuk membekali masyarakat setempat, khususnya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Baca Juga: Eva Dwiana Janjikan  Kredit Tanpa Bunga untuk UKM di Bandar Lampung

1. Gandeng perusahaan yang relevan

Eva Dwiana: Pemkot akan Dirikan BLK Sasar Anak Putus SekolahPexels.com/Fauxels

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, menyampaikan, program BLK tersebut diperuntukkan bagi anak-anak di Kota Bandar Lampung yang putus sekolah dan berusia 17-25 tahun.

Dalam menjalankan programnya, Eva berencana menggandeng perusahaan yang relevan untuk bekerja sama dalam memberikan pelatihan.

"Banyak bidang yang akan kita berikan. Seperti pelatihan teknik mesin, otomotif gitu atau komputerisasi," kata Eva.

2. Usai pelatihan peserta langsung disalurkan ke perusahaan

Eva Dwiana: Pemkot akan Dirikan BLK Sasar Anak Putus SekolahIlustrasi bekerja (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

BLK yang didirikan akan dilaporkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan peralatan yang dibutuhkan dalam pelatihan.

Eva meyakinkan, BLK akan segera dibuka dalam waktu dekat. Sebab lokasi dan tempatnya sudah ada dan akan segera diperbaiki. Kemudian, usai mendapatkan pelatihan, para peserta akan disalurkan ke perusahaan-perusahaan sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

"Dengan adanya BLK ini, anak-anak tidak kalah dalam prestasi dengan yang lainnya," tegas dia," tandasnya.

3. Ingin jadi orangtua asuh

Eva Dwiana: Pemkot akan Dirikan BLK Sasar Anak Putus SekolahWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengunjungi eks Terminal Kemiling, Sabtu (6/3/2021). (IDN Times/Silviana).

Pemkot akan melakukan pendataan peserta pelatihan di setiap RT, kelurahan, kecamatan dengan mengutamakan warga Kota Bandar Lampung.

Eva juga akan melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada anak-anak tersebut. Sebab rencana tersebut akan berlanjut hingga semua anak-anak putus sekolah bisa tertampung

"Tentunya harus ada pendekatan juga  pada mereka. Kami ingin menjadi orang tua asuh bagi anak-anak putus sekolah yang ada di Bandar Lampung," tuturnya.

Baca Juga: Eva Dwiana Bakal "Sulap" Pasar di Terminal Kemiling Jadi Pasar Hobi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya