Cek Fakta, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Metro Tertinggi se- Lampung

Tahun ini target peserta BPJS akan ditambah

Metro, IDN Times - Kota Metro akan mewakili Provinsi Lampung dalam ujian tingkat nasional terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan akan dilaksanakan Oktober 2023 di Jakarta. Itu karena kepesertaan asuransi BPJS ketenagakerjaan tertinggi se-Provinsi Lamung dan salah satu kejahatan terbaik nomor satu.

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, pada 2020 kotanya menanggung 1.560 BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian 2022 sudah mencapai 6.000 lebih BPJS Ketenagakerjaan.

“Harapannya tahun 2023, Pemerintah Kota Metro dapat mencapai 9.000 lebih BPJS Ketenagakerjaan. Itu akan menjadi bukti hadirnya pemerintah dalam memberikan perlindungan hak, terutama kepada para pamong di lingkungan Kota Metro,” jelasnya.

Baca Juga: Dua Tahun Lebih Jabat Wali Kota, Akhirnya Eva Punya Sekda Definitif 

1. Tahun ini target peserta BPJS akan ditambah

Cek Fakta, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Metro Tertinggi se- LampungANTARA FOTO/Septianda Perdana

Sekda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo menjelaskan, Kota Metro pertama kali mengikuti program ketenagakerjaan pada 2019. Diawali oleh ketua RT dan RW terlebih dahulu kemudian dilanjutkan oleh pegawai pemerintah non-ASN atau THL, hingga 2022 terus mengalami peningkatan.

"Ditambah dengan banyaknya pekerja baik dalam lingkup pemerintahan maupun non-pemerintahan yang terdaftar," ujarnya

Menurutnya, pada 2023 ini awalnya  memiliki target sejumlah 6.687 tenaga kerja harus sudah terdaftar di asuransi, namun akan kita upayakan kembali menjadi 8.687 individu.

2. 1.892 orang THL sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan

Cek Fakta, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Metro Tertinggi se- Lampungilustrasi Kartu BPJS (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Zulpikri selaku Kepala BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Metro) menyampaikan, ada sebanyak 1892 orang THL (Tenaga Harian Lepas)  sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

"Namun kita bukan hanya memprioritaskan THL melainkan juga RT dan RW yang akan menjadi perhatian Pemerintah Kota Metro,” ucapnya.

3. BPJS ketenagakerjaan Kota Metro sabet penghargaan

Cek Fakta, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Metro Tertinggi se- LampungIlustrasi kartu BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kepala BPJS cabang Kota Metro, Imiati menambahkan,  BPJS ketenagakerjaan Kota Metro sudah sangat baik. Apalagi, lanjutnya, beberapa waktu silam Kota Metro mampu menyabet penghargaan Paritrana Award untuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Metro karena sangat mendukung program BPJS ketenagakerjaan ini yang tentunya dapat disukseskan berkat andil dan kesadaran dari diri kita semua. Kedepannya mari kita bersama-sama menjalankan amanah yang sudah kita peroleh ini,” tuturnya.

Baca Juga: Update Perkara GKKD Tersangka Ketua RT Wawan Segera Disidang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya