Dua Tahun Lebih Jabat Wali Kota, Akhirnya Eva Punya Sekda Definitif 

Iwan Gunawan dilantik sebagai Sekda Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana akhirnya memiliki sekretaris daerah definitif. Pasalnya, sejak Istri Herman HN tersebut dilantik jadi Wali Kota Bandar Lampung, jabatan sekretaris daerah hanya sebagai pelaksana tugas (Plt) atau penjabat (Pj) saja.

Pada pelantikan Sekretaris Kota Bandar Lampung di  Gedung Semergou, Rabu (17/5/2023) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan dicopot jabatannya sekaligus dilantik menjadi Sekretaris Kota Bandar Lampung.

Diketahui Iwan Gunawan menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung cukup lama yakni sejak Herman HN menjabat sebagai Wali Kota Bandar Lampung periode 2016-2021.

Baca Juga: Tiga ASN Korupsi Tukin Pegawai Kejari Bandar Lampung Segera Disidang

1. Beberapa nama plt dan pj sekda Eva Dwiana

Dua Tahun Lebih Jabat Wali Kota, Akhirnya Eva Punya Sekda Definitif ASN Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Padahal Eva Dwiana sudah menjabat sebagai wali kota sejak 26 Februari 2021. Namun ia tak kunjung melantik sekretaris daerahnya. Beberapa nama pernah menjabat dari Plt atau Pj Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung di antaranya adalah Tole Dailami, Sukarma, dan Khaidarmansyah.

Saat ini Tole Dailami menjabat sebagai Asisten II Kota Bandar Lampung, Sukarma menjabat sebagai Asisten I Kota Bandar Lampung, dan Khaidarmansyah masih pada jabatan lamanya yakni Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Bandar Lampung.

2. Pesan wali kota untuk sekda baru

Dua Tahun Lebih Jabat Wali Kota, Akhirnya Eva Punya Sekda Definitif Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva Dwiana pun mengucapkan selamatnya kepada Iwan Gunawan atas jabatan barunya tersebut. Ia berharap sebagai sekretaris daerah Iwan dapat mengayomi ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Bandar Lampung.

“Bunda ucapkan selamat dan bunda berharap Pak Iwan bisa amanah dan dapat mempersatukan ASN di Bandar Lampung. Semoga ASN di Bandar Lampung bersama memajukan kota tercinta,” katanya.

Ia juga meminta Iwan Gunawan dapat mengkoordinir organisasi perangkat daerah dengan forkopimda sehingga semua program dan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

3. Jabatan Kadis PU masih kosong

Dua Tahun Lebih Jabat Wali Kota, Akhirnya Eva Punya Sekda Definitif Sekda Bandar Lampung, Iwan Gunawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan Gunawan mengatakan dalam waktu dekat dirinya akan melaksanakan rapat koordinasi untuk memetakan masalah harus diselesaikan. Kemudian sesuai dengan anjuran wali kota ia menjaga kekompakan untuk percepatan pembangunan.

Selain itu untuk menjaga aspirasi masyarakat, ia mengatakan Pemerintah Kota Bandar Lampung akan selalu kooperatif jika ada masyarakat ingin melakukan komunikasi dan menjadi harapan masyarakat.

“Posisi kadis PU sementara ini kosong. Plt juga belum ada saat ini. Ini saya baru akan berkoordinasi siapa yang akan menggantikan. Pimpinan sampai saat ini sekretaris,” imbuhnya.

Baca Juga: 1.303 Jemaah Haji Bandar Lampung ke Tanah Suci, Tertua Usia 97 Tahun

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya