Update Terkini Pembangunan GOR Indoor Way Halim, Kapan Beroperasi?

Pembangunan tahap kedua baru dimulai awal 2024

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Mei 2023 lalu berencana membuat Gelanggang Olah Raga (GOR) baru di Kecamatan Way Halim, Bandar Lampung.

Tujuannya, bisa membuat event olah raga besar seperti turnamen voli tingkat nasional di GOR tersebut. Tak hanya itu, GOR itu juga nantinya bisa dipergunakan sebagai tempat olah raga para atlet kota.

Rupanya tak berselang lama, sekitar awal Juni 2023 pembangunan GOR di dekat Kantor Kelurahan Way Halim ini dimulai. Meski demikian Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan GOR ini tidak akan selesai tahun ini.

“Akhir tahun ini selesai tapi tahap satu. Jadi masih belum bisa digunakan karena kita akan mulai (pembangunan) tahap duanya di awal 2024 mendatang,” katanya, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga: Pemkot Akui Baru Bisa Tangani Limbah Air Lindi untuk Sementara Saja

1. Pembangunan GOR dianggarkan sebesar Rp40 miliar

Update Terkini Pembangunan GOR Indoor Way Halim, Kapan Beroperasi?Ilustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk membangun GOR seluas lapangan sepak bola ini, Iwan mengatakan mengganggarkan sekitar Rp40 miliar dengan dua tahap. Tahap satu Rp20 miliar dan tahap kedua akan dibuka lelang tahun depan dengan anggaran sama.

“Saya yakin kok akan selesai (tahap satu) Desember ini. Karena ini saja sudah 60 persen. Tinggal 40 persennya lagi saya rasa sangat cukup ya waktu empat bulan,” katanya.

Ia juga mengatakan, pembangunan GOR ini murni menggunakan APBD Kota Bandar Lampung dan untuk pembangunan tahap kedua nanti pemkot sudah memasukannya dalam rencana anggaran.

2. Baru bisa dinikmati pertengahan atau akhir 2024

Update Terkini Pembangunan GOR Indoor Way Halim, Kapan Beroperasi?Sekda Bandar Lampung, Iwan Gunawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Tak hanya pada tahap pertama, Iwan juga memprediksi pembangunan tahap keduanya pun akan dibangun selama kurang lebih setengah tahun juga, sehingga kemungkinan di pertengahan sampai akhir 2024 GOR ini sudah bisa dinikmati fasilitasnya.

“Insya Allah pertengahan tahun depan selesai lah. Nanti juga kan pasti kita ada persiapan peresmian dan lainnya jadi kemungkinan kuartal 3 sudah bisa dipakai,” ujarnya.

Ia berharap, GOR baru ini nantinya bisa memunculkan anak-anak berbakat baru dalam bidang olah raga dan memberikan fasilitas pribadi pada atlet Kota Bandar Lampung.

3. Tak hanya untuk atlet, masyarakat juga boleh menggunakan GOR

Update Terkini Pembangunan GOR Indoor Way Halim, Kapan Beroperasi?Ilustrasi GOR. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meskipun tujuan awal pembangunan GOR ini adalah untuk memfasilitasi para atlet Bandar Lampung berlatih dan bisa membawa nama baik Bandar Lampung ke berbagai ajang olah raga nasional, nyatanya GOR ini juga akan dibuka untuk umum.

“Tidak hanya untuk atlet saja. Masyarakat umum juga bisa pakai. Seperti GOR pada umumnya jadi masyarakat bisa datang untuk berolah raga misalnya lari dan sebagainya,” katanya.

Serangkan untuk fasilitas tersedia, Iwan belum dapat menjabarkannya secara detail namun fasilitas sebuah GOR tentu akan tersedia seperti lapangan, tribun, toilet, tempat tunggu atau ganti atlet, dan sebagainya.

Baca Juga: Lihat Pelanggaran Usaha atau Tak Berizin? Pemkot Minta Warga Lapor

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya