Selang Kompor Gas Bocor, Warga Minta Damkar Lamsel Bantu Pasang Gas

Warga takut akan terjadi ledakan

Lampung Selatan, IDN Times - Rupanya tak hanya melakukan penyelamatan terhadap hewan, sarang lebah, atau membantu warga memotong cincin, masyarakat juga bisa meminta bantuan untuk memasang tabung gas elpiji di rumahnya pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Lampung Selatan.

Seperti halnya Maya, warga Kelurahan Bumi Agung, Kalianda, Lampung Selatan. Karena tak berani memasang regulator kompor ke gas elpiji, ia langsung menghubungi Dampar Lampung Selatan untuk meminta bantuan.

“Benar, warga ini meminta bantuan memasangkan tabung gas elpijinya karena selang regulator bocor dan takutnya meledak," kata Kabid Pemadam Kebakaran Lampung Selatan Rully Fikriansyah, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Nihil Laporan Resmi, Asusila Dosen- Mahasiswi Tak Bisa jadi Tersangka

1. Warga menghubungi Damkar Bandar Lampung lewat facebook

Selang Kompor Gas Bocor, Warga Minta Damkar Lamsel Bantu Pasang GasPemasangan tabung gas oleh damkar Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa)

Uniknya, Rully mengatakan warga atas nama Maya ini menghubungi damkar dan penyelamatan posko Kalianda terkait gas elpiji ini lewat Facebook BPBD. 

“Warga menghubungi damkar lewat Facebook. Setelah admin melaporkan hal itu, kami langsung bergegas menuju lokasi untuk membantu memasangkan gas elpiji warga,” ujarnya.

Personel damkar dan penyelamatan pun menuju lokasi sekitar pukul 07.20 WIB dan sampai di lokasi pada pukul 07.25 WIB. Setibanya di sana, personel langsung memasang tabung gas tersebut dan selesai pada pukul 07.30 WIB.

2. Bukan pertama kali Damkar Lampung Selatan menerima laporan pemasangan gas elpiji

Selang Kompor Gas Bocor, Warga Minta Damkar Lamsel Bantu Pasang GasPemasangan tabung gas oleh damkar Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa)

Rully menyampaikan, tak hanya hari ini, kejadian serupa juga pernah beberapa kali terjadi sehingga ini bukan kali pertama Damkar Lampung Selatan membantu memasang selang ke elpiji.

“Iya ini bukan pertama kali kami menerima laporan seperti ini. Jadi memang BPBD sangat terbuka terhadap laporan warga yang ingin meminta bantuan,” ujarnya.

Menurutnya, sekecil apapun masalah pada masyarakat harus bisa dibantu dan ditangani agar tidak terjadi hal-hal tal diinginkan. Apalagi perihal regulator sangat rawan meledak.

3. Membantu penanganan awal kecelakaan memang tugas dinas damkar

Selang Kompor Gas Bocor, Warga Minta Damkar Lamsel Bantu Pasang GasIlustrasi tabung gas elpiji (LGP) 3 Kg. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Untuk itu, Rully mengimbau kepada masyarakat agar tak segan meminta bantuan kepada Damkar Lampung Selatan jika memang membutuhkan bantuan.

Ia menerangkan, menurut Aturan Menteri Dalam Negeri No 114 tahun 2018, tugas pokok dan fungsi tambahan anggota dilapangan termasuk dinas damkar dan penyelamatan itu ada 6 poin.

“Pertama evakuasi pohon tumbang, percobaan bunuh diri, korban terjatuh sumur, korban hanyut, penanganan awal kecelakaan, serta penanganan lebah itu tugas tambahan anggota dinas kebakaran," tuturnya.

Baca Juga: Pelajar SMA Ditangkap Polisi, Nekat Setubuhi Pacar Usia 16 Tahun

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya